Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Vespa World Days 2022 Diselenggarakan di Bali

Kompas.com - 10/06/2022, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan penyelenggaraan Vespa World Days (VWD) 2020/2022 di Nusa Dua, Bali yang diselenggarakan 9-12 Juni 2022 salah satunya karena besaran komunitas di Indonesia.

Pasalnya, ajang tahunan yang bertujuan untuk mendekatkan antar para pengguna dan pecinta Vespa di dunia terkait selalu dilaksanakan di Eropa sebagaimana kultur awal yang dimulai dari 1954.

Demikian dikatakan oleh Vespa World Club Former President Martin Stift periode 2012-2021 saat ditemui wartawan di Bali, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Vespa World Day 2022, Ribuan Vespa Serbu Bali

Rangkaian kegiatan Vespa World Days 2020/22KOMPAS.com/Ruly Rangkaian kegiatan Vespa World Days 2020/22
 

"Kami memang mencari tempat yang dikenal banyak orang dan Indonesia, khususnya Bali, merupakan salah satu wilayah yang memang telah dikenal untuk mengundang banyak orang," katanya.

Memang, lanjut Martin, ada beberapa pertanyaan dari pecinta Vespa dari Eropa mengapa penyelenggaraan VWD kali ini dilaksanakan di Indonesia. Sebab kawasan tersebut sangat jauh dari biasanya.

"Kemudian saya bilang, di sini memiliki komunitas yang terbesar di dunia. Para masyarakat di sini juga baik, terbuka, beautiful country, dan lainnya. Jadi tidak ada alasan untuk tak menggelarnya di Indonesia," lanjut dia.

Namun, patut diakui bahwa tertundanya pelaksanaan VWD di Indonesia selama dua tahun membuat kedatangan pecinta Vespa dari luar negeri, khususnya Eropa, berkurang drastis.

Baca juga: Cuaca Esktrem, Hindari Parkir Mobil di 3 Lokasi Ini

Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti peningkatan akomodasi dan harga tiket pesawat terbang untuk menuju Indonesia.

"Harusnya sih dua tahun lalu kalau dapat terlaksana mungkin akan lebih banyak western community, dari negara lain, yang hadir sampai 500-600 peserta," kata Martin.

"Tapi karena ada dua tahun yang kita tunda karena ada pandemi dan lain sebagainya, pesawat juga lebih mahal, maka sangat berkurang. Saat ini, sekitar 15 negara yang meramaikan VWD," tambahnya.

Diketahui, VWD berawal dari Eurovespa yang merupakan pertemuan klub Veps yang berlangsung mulai dari tahun 1954 di Paris, Perancis. Lalu, kegiatan ini menjadi rutin dilaksanakan setiap tahun oleh pecinta Vespa hingga 2006.

Baca juga: Kunci Vespa Matik Tidak Bisa Diduplikat, Ini Alasannya

Peserta Vespa World DayIstimewa Peserta Vespa World Day

Eurovespa ini diikuti oleh anggota Klub Vespa dan pecinta Vespa dari seluruh Eropa. Namun pertemuan ini berkembang dan menjadi acara skuter terbesar dan paling terkenal di seluruh dunia.

Mulai 2006 para pecinta Vespa ini mulai mempromosikan, menyatukan dan mengkoordinir semua Vespa Club di seluruh dunia. Pada tahun 2007 nama acara diubah menjadi Vespa World Days, untuk mencerminkan komunitas Vespa Club yang lebih luas di seluruh dunia.

"Tahun ini untuk pertama kalinya VWD dilaksanakan di luar Eropa. Sejauh ini sangat memuaskan dan antusiasmenya tinggi sekali," kata Martin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com