Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Optimistis Mobil Listrik Semakin Diterima di Indonesia

Kompas.com - 07/06/2022, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah ada beberapa pabrikan mobil yang memasarkan mobil listrik di Indonesia. Namun, belum banyak jumlahnya dan masih belum populer.

Mobil listrik saat ini harganya masih cukup mahal dibandingkan mobil konvensional. Selain harga, pertimbangan lainnya dalam membeli mobil listrik adalah infrastruktur.

Baca juga: Pendapat Pebalap Nissan e.dams Soal Sirkuit Formula E Jakarta

Tan Kim Piauw, Direktur Sales dan Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), mengatakan, memang mobil listrik sesuatu yang baru di Indonesia.

Beberapa merek sudah ada yang mengeluarkan, salah satunya Nissan. Nissan memiliki Leaf dan Kicks e-power.

Test drive Nissan Kicks e-Power ke CiletuhKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test drive Nissan Kicks e-Power ke Ciletuh

"Tanggapan masyarakat awalnya terhadap mobil listrik masalahnya adalah infrastruktur, di mana mereka harus mengecas kalau baterainya habis, bagaimana jika di tengah jalan baterainya habis saat ke luar kota," ujar Kim, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Kim menambahkan, Nissan juga menyertakan portable charger untuk Leaf. Dengan alat ini, penggunanya bisa cas mobil listrik di mana saja selama ada colokan.

Baca juga: Nissan Indonesia Turut Dukung Tim Balap Nissan e.dams di Formula E

"Saat memasarkan Nissan Leaf, kita juga memberikan home chrager. Alat ini mampu mengecas mobil lebih cepat dibanding portable charger. Pemerintah juga sekarang ini fokus membangun infrastruktur. Mereka banyak membangun DC Charger atau SPKLU," kata Kim.

Mobil listrik Nissan LeafDok. NMDI Mobil listrik Nissan Leaf

Kim mengatakan, awalnya memang terkendala infrastruktur. Tapi, memasuki tahun kedua, masyarakat mulai terdidik dan mulai tidak khawatir. Tanggapan masyarakat Indonesia terhadap mobil listrik menurutnya semakin baik.

Saat ini, Nissan Kicks e-power dipasarkan dengan harga Rp 482,8 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Nissan Leaf, harganya saat ini mencapai Rp 728 juta (OTR Jakarta).

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2021, Nissan Kicks e-power sanggup terjual hingga 592 unit. Sedangkan Nissan Leaf, terjual sebanyak 42 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com