Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Pemula, Begini Cara Menyetir Mobil yang Benar di Jalan Tol

Kompas.com - 31/05/2022, 16:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Mengendarai mobil di jalan tol menjadi hal yang menantang bagi pengemudi pemula. Sebab, kecepatan kendaraan di kiri dan kanan lebih cepat dibandingkan jalan biasa.

Maka dari itu, pengemudi pemula wajib untuk menerapkan teknik yang tepat saat berkendara di jalan tol.

Pengemudi harus menjaga kecepatan agar tetap stabil, tetap awas dan selalu siap untuk mengurangi kecepatan jika ada kendaraan yang melambat di depannya.

Baca juga: [VIDEO] Keliling Tempat Belajar Kendaraan Elektrifikasi Milik Toyota

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan membagikan beberapa tips berkendara di jalan tol bagi pengemudi pemula.

"Jangan over-thinking, namun selalu mencoba untuk meminimalisir risiko di jalan," kata Marcell pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pengemudi harus berkendara dalam keadaan mental yang positif atau baik serta emosi yang stabil. Meski menantang, namun tidak perlu cemas saat berkendara di jalan tol.

Kecemasan berlebih dapat memicu rasa panik yang menimbulkan bahaya. Mulai dari tindakan rem mendadak atau salah menginjak pedal. Tindakan tersebut akan menjadi sumber bahaya saat berkendara di jalan tol.

Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS)Hutama Karya Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS)

Marcell juga menyarankan agar pengemudi perlu mengetahui dan menaati setiap aturan yang ada di jalan tol. Pengemudi harus memperhatikan rambu-rambu yang ada, batasan kecepatan, dan juga lajur yang digunakan.

Baca juga: Kupas Interior Wuling New Cortez, Nyaman untuk Penumpang

Misalnya, bagian bahu jalan tidak boleh digunakan untuk mendahului. Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan pengemudi pemula adalah kurangnya pengetahuan akan rambu-rambu lalu lintas.

Terakhir, Marcell menghimbau agar pengemudi pemula untuk mengemudi di lajur tengah jalan tol. "Mengemudilah di lajur tengah, serta sesuaikan kecepatan dengan kendaraan lain dan pastikan selalu jaga jarak aman," kata Marcell.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com