Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas Meningkat 20 Persen, Polisi Siapkan One Way di Lembang

Kompas.com - 27/05/2022, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Libur pekan panjang (long week end) terjadi pekan ini karena ada tanggal merah hari Kenaikan Isa Almasih yang jatuh hari Kamis (26/5/2022). Lalu lintas kendaraan terpantau mulai memadati kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Seiring dengan libur akhir pekan yang akan masih berlangsung pada Sabtu (28/5/2022) dan Minggu (29/5/2022), kawasan tersebut diprediksi bakal makin ramai.

Namun, peningkatan kunjungan ke kawasan Lembang tak sampai membuat arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Lembang dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya mengalami kepadatan.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan di MT Haryono, Selalu Jaga Jarak Pengereman

Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, Sabtu (14/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, Sabtu (14/5/2022).

KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Herinduansyah mengatakan, pada momen libur Kenaikan Isa Al Masih ini ada peningkatan volume kendaraan di kawasan Lembang hingga 20 persen.

“Dapat kami laporkan pada hari libur Kenaikan Isa Al Masih ini ada peningkatan volume kendaraan di Lembang hingga 20 persen dari hari biasa,” ujar Erin disitat dari NTMC Polri (27/5/2022).

Meski begitu, personel Satlantas Polres Cimahi tetap mengatur arus lalu lintas di kawasan Lembang, terutama di beberapa simpul kemacetan seperti objek wisata The Great Asia Africa, Simpang Beatrix, hingga Simpang Grand Hotel.

Baca juga: Industri Karoseri Tak Berdaya Lawan Impor Bus Utuh dari China

“Kita tetap melakukan pengawasan arus lalu lintas dan keluar masuk wisatawan ke sejumlah objek wisata terutama di Farm House dan The Great Asia Africa,” ucap Erin.

Saat ini pihaknya baru memberlakukan satu kali rekayasa arus lalu lintas dengan cara bertindak (CB) one way lokal sepenggal dari arah Simpang Beatrix ke Alun-alun Lembang.

“Hari ini baru sekali penarikan kendaraan, itu pun lokal dari Simpang Beatrix mengarah ke Kota Lembang. CB lainnya kami kita arahkan wisatawan melalui jalur alternatif jika ada kepadatan,” kata Erin.

Baca juga: PO Juragan 99 Tambah Lagi Dua Bus Baru dengan Balutan Bodi Klasik

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di Lembang untik mengurai kemacetan, Jumat (6/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di Lembang untik mengurai kemacetan, Jumat (6/5/2022).

Pihaknya memprediksi puncak kedatangan wisatawan ke Lembang sendiri bakal terjadi pada Sabtu dan Minggu. Mengingat libur hanya sehari meskipun berdekatan dengan libur akhir pekan.

“Hari ini sudah mulai terlihat peningkatan. Tapi untuk puncak kedatangan wisatawan diprediksi terjadi pada Sabtu-Minggu sehingga kita tetap siaga dan tidak underestimate,” kata Erin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com