Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil yang Paksa Terobos Palang Perlintasan Kereta Api

Kompas.com - 23/05/2022, 17:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan melewati perlintasan kereta api, umumnya ada palang dan bunyi penanda kereta akan segera lewat. Palang kemudian akan turun perlahan, sehingga pengguna jalan tidak bisa melewati rel sampai kereta melewati area tersebut.

Agar bisa mendengar suara sirene penanda kereta akan lewat dan mengantisipasi tertimpa pintu palang tersebut, pengemudi mobil perlu lebih awas.

Viral baru-baru ini, sebuah rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @jabodetabek.terkini, Sabtu (21/5/2022). Seorang pengendara mobil menahan palang pintu kereta api dengan tangannya, karena berada tepat di atas mobil tersebut.

Baca juga: Diduga Salah Buka Kopling, Pemotor Senggol Mobil saat Macet

"Viral pengendara mobil menahan palang pintu kereta api dengan tangannya karena takut lecet di kawasan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor," tulis unggahan tersebut.

Menerobos palang pintu perlintasan kereta api, selain berpotensi mencelakakan pengguna jalan, juga menjadi merepotkan, seperti yang terekam dalam unggahan tersebut.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi hal ini. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana memaparkan beberapa cara yang bisa diterapkan pengemudi mobil saat akan melintas rel kereta api.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini)

Baca juga: Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain

"Pertama berhenti di jarak 3 meter di belakang palang kereta. Buka kaca mobil 10 cm, dengarkan apakah ada pengumuman atau tanda jika kereta akan melintas atau tidak," ucap Sony pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan mendengarkan tanda, pengemudi bisa mengantisipasi jarak dan berhenti di belakang palang perlintasan sebelum palang tersebut turun sepenuhnya dan bisa membentur mobil.

Selain membuka kaca jendela, matikan juga audio yang ada di mobil, sehingga pengemudi bisa lebih fokus mendengar peringatan tanda kereta akan melintas.

"Jika sudah aman, pemilik harus segera melajukan mobilnya untuk melintasi rel kereta dengan percepatan atau sedikit meluncur. Hal ini agar ada gaya dorong," ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com