Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia?

Kompas.com - Diperbarui 01/03/2023, 07:15 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi masih jadi kebutuhan utama warga Indonesia, salah satunya untuk menghubungkan antar kota dan provinsi. Bus masih jadi salah satu andalan moda yang tersedia.

Beragam desain dan jenis bus kini hadir di Indonesia seiring perkembangan zaman. Selain itu, meningkatnya level ekonomi masyarakat menuntut Perusahaan Otobus yang beroperasi untuk bersaing menawarkan kualitas layanan yang ditawarkan.

Saat ini, terdapat berbagai model bus yang tersedia, misalnya bus besar yang memang bertujuan untuk mengangkut orang dalam jumlah banyak. Bus besar juga punya beberapa model, secara umum ada High Deck (HD) dan Super High Deck (SHD).

Berbeda dengan mobil penumpang, jika mau membeli bus ada beberapa langkah yang berbeda. Pertama adalah membeli sasisnya terlebih dahulu, lalu dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodinya.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Tol Sumo

Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22DOK. NEW ARMADA Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22

Untuk sasis bus besar, harganya bervariasi, mulai dari Rp 800 jutaan sampai ada yang mendekati Rp 2 miliar. Perlu diingat kalau ini baru harga sasisnya saja, belum biaya untuk pembuatan bodi di karoseri.

Sales Executive Karoseri New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan untuk bodi bus besar double glass HD, harga untuk bodinya saja sekitar Rp 500 jutaan sedangkan jika mau memakai model SHD, harus menambah biaya sekitar Rp 30 juta sampai Rp 65 jutaan.

"Rp 500 jutaan itu bodi kosongan, belum termasuk jok, AC, toilet dan smoking room. Namun audio standar karoseri sudah dapat,” ucap Gerry kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Motor Dikunci Setang Arah Kanan Bisa Aman dari Maling?

Untuk kursinya, Gerry mengatakan tergantung dari model yang diinginkan. Paling murah, mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 25 juta. Kemudian untuk AC bus juga tergantung dari mereknya, harganya pun beragam, mulai dari Rp 125 juta sampai Rp 240 jutaan.

“Sedangkan kalau mau tambah toilet dan smoking room, tambahan biayanya bisa Rp 30 jutaan,” kata Gerry.

Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22DOK. NEW ARMADA Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22

Jika dijumlahkan dengan harga sasis, satu unit bus tanpa kursi, AC, toilet dan smoking room, banderol bus HD mulai dari Rp 1,3 miliar dan bus model SHD mulai dari Rp 1,9 miliar.

Jika ditambah dengan bangku dan AC, setidaknya satu unit bus yang lengkap bisa dibanderol mulai Rp 2 miliar. Belum lagi jika fasilitas di kabinnya semakin canggih, seperti pakai AVOD, tentu akan lebih tinggi lagi harganya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com