Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Aksi May Day, Polisi Minta Pengendara Hindari Kawasan Senayan

Kompas.com - 14/05/2022, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan ribu buruh akan memadati Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/5/2022).

Setidaknya diprediksi akan ada 60 ribu buruh yang akan terjun ke jantung Ibu Kota untuk memperingati May Day.

Terkait hal ini, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK Namun, kebijakan rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo pun mengimbau masyarakat menghindari ke kawasan GBK pada Sabtu (14/5/2022) pagi.

Baca juga: Area Car Free Day Solo Diperluas, Ada Pengalihan Rute Bus Solo Trans

“Sebaiknya warga Jakarta dari pagi tidak berolahraga di GBK karena dari pagi massa buruh sudah datang, kurang lebih ada seribuan bus buruh yang akan masuk GBK. Untuk pengalihannya memang kita lihat secara situasional,” ucap Sambodo, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan May Day Fiesta akan diawali dengan aksi di depan gedung DPR pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan May Day Fiesta di GBK pada pukul 13.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kanan) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berfoto bersama usai melepas secara simbolis keberangkatan 250.000 peserta Mudik Bareng BUMN di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (30/5/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kanan) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berfoto bersama usai melepas secara simbolis keberangkatan 250.000 peserta Mudik Bareng BUMN di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Akan ada tiga pintu masuk di GBK yang akan digunakan dalam acara May Day Fiesta. Tiga pintu tersebut adalah Pintu 10, Pintu 7, hingga Pintu 5 GBK.

Selain itu, sejumlah kantong parkir pun telah disiapkan. Lahan parkir itu digunakan untuk menampung kendaraan pribadi hingga ribuan bus yang membawa buruh dari luar Jabotabek.

“Nanti kita rencanakan untuk buruh yang berasal dari Jawa Barat artinya yang berasal dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, mungkin Bogor, itu akan kita tempatkan di Parkir Timur,” ujar Sambodo.

Kemudian, untuk buruh yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta, buruh Pulogadung, dan sekitarnya akan ditempatkan di ring road di dalam area GBK.

Baca juga: Long Weekend, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Puncak dan Lembang

Sedangkan buruh yang berasal dari Banten, Tangerang Raya, dan sekitarnya akan kita tempatkan di cekungan Asia Afrika.

“Untuk sepeda motor nanti kita tempatkan di lapangan parkir ABC dan di Akuatik. Sedangkan kendaraan pribadi akan kita tempatkan di lapangan parkir Istora,” kata Sambodo.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti oleh empat konfederasi buruh, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com