Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Ada Demo di Jakarta, Pengendara Diimbau Hindari Jalan Ini

Kompas.com - 13/05/2022, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai lengang setelah masa libur Hari Raya Lebaran, jalanan Jakarta bakal kembali ramai pada minggu ini. Utamanya karena peringatan May Day yang akan diselenggarakan di jantung Ibu Kota.

Rangkaian kegiatan aksi maupun demonstrasi sebetulnya sudah berlangsung sejak Kamis (12/5/2022) kemarin. Namun puncak acara bakal jatuh pada Sabtu (14/5/2022) besok, yang dilakukan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

Untuk mengantisipasi kemacetan, Ditlantas Polda Metro akan tutup jalan di beberapa wilayah, pada puncak acara tersebut.

Baca juga: Segini Biaya Resmi Perpanjangan SIM C per Mei 2022

Massa buruh di Jakarta unjuk rasa melakukan aksi simbolis kubur omnibus law saat peringatan Hari Butuh Internasional 2021. Foto diambil pada Sabtu (1/5/2021)KOMPAS.com/SONYA TERESA Massa buruh di Jakarta unjuk rasa melakukan aksi simbolis kubur omnibus law saat peringatan Hari Butuh Internasional 2021. Foto diambil pada Sabtu (1/5/2021)

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya telah menerima pemberitahuan rangkaian kegiatan dari sejumlah elemen buruh dalam memperingati May Day.

"Kami imbau kepada seluruh warga Jakarta sebaiknya pada Sabtu sejak pagi hingga sore hindari kawasan Senayan dan depan MPR/DPR artinya kawasan Gatot Subroto, Senayan Gerbang Pemuda, Asia Afrika, Jalan Jendral Sudirman," ujar Sambodo dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Sambodo melanjutkan, masyarakat sebaiknya tak melaksanakan kegiatan olahraga di kawasan GBK, Senayan pada pagi hari.

Baca juga: Ini Bocoran Baru Honda ADV 160

Hal itu lantaran GBK akan dipenuhi kendaraan-kendaraan yang ditumpangi massa buruh. Pasalnya, akan ada 800- 1.000 bus yang akan mengangkut massa May Day Fiesta.

"GBK tidak ditutup untuk umum tapi sebaiknya masyarakat umum hindari dulu kawasan tersebut,” ucap Sambodo.

Ia menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan kantong-kantong parkir yang bisa dimanfaatkan buruh pada saat menghadiri May Day Fiesta di GBK Senayan pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Baca juga: Ratusan Pelanggar Ganjil Genap Jakarta Tertangkap Kamera ETLE

Warga berolahraga di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta, Minggu (13/9/2020). Jelang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total yang rencananya dilaksanakan pada Senin (14/9/2020) masih banyak masyarakat yang melakukan olahraga dan beraktivitas di luar rumah.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Warga berolahraga di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta, Minggu (13/9/2020). Jelang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total yang rencananya dilaksanakan pada Senin (14/9/2020) masih banyak masyarakat yang melakukan olahraga dan beraktivitas di luar rumah.

Adapun, bus buruh DKI Jakarta bisa masuk melalui pintu 10 (Ring Road Stadion Utama GBK). Sementara, bus buruh Jawa Barat masuk pintu 07 (Parkir Timur Utara dan Parkir Timur Selatan GBK).

Kemudian, bus buruh Tangerang Raya/Banten masuk lewat pintu 10 (Parkir Hall Basket GBK/Gerbang Pemuda- Jalan Asia Afrika).

Sementara itu, buruh yang menggunakan kendaraan roda empat bisa parkir di Gedung Parkir Elevate Utara dan Gedung Parkir Elevate Selatan GBK.

Sedangkan kendaraan roda dua buruh telah disediakan parkir di Stadion Renang Aquatiq dan Parkir Lapangan ABC GBK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com