Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo May Day, Lalu Lintas ke Arah Istana Ditutup Situasional

Kompas.com - 12/05/2022, 13:30 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu lintas ke arah Istana akan ditutup secara situasional, menyusul diselenggarakannya unjuk rasa memperingati May Day di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kami (12/5/2022) siang.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, hari ini ada dua elemen massa yang akan turun menyampaikan aspirasi di Patung Kuda. Ia menjelaskan, massa akan ditempatkan di Bundaran Patung Kuda, khususnya di depan Gedung Sapta Pesona sampai Bunderan Patung Kuda.

Sambodo menjelaskan, penutupan jalan di titik aksi tersebut bersifat situasional, atau akan ditutup dengan mempertimbangkan eskalasi massa.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Buka Kap Mobil Bisa Bikin Mesin Cepat Dingin?

"Kalau misalnya massanya di bawah 2.000 itu Bundaran belum ditutup, jadi hanya kita atur saja di Bundaran. Tapi kalau massa cukup banyak dan menutup Bundaran maka pengalihan akan kita laksanakan," ucap Sambodo seperti dikutip NTMC Polri, Kamis (12/5/2022).

Penutupan jalan akan dilakukan jika massa sudah mulai datang memadati titik aksi. Sambodo mengatakan, kawat sekuriti barrier sudah dibentangkan, maka arus lalu lintas dari Patung Kuda ke Harmoni dan Harmoni ke Patung Kuda akan ditutup.

Baca juga: Mau Beli Yamaha Fazzio? Indennya sampai 2 Bulan

Selain itu, lalu lintas yang dari Gambir hingga menuju Istana atau Ambon 9 juga akan ditutup jika massa sudah datang.

Jika eskalasi massa meningkat dan menimbulkan kemacetan, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus. Akses jalan seperti Jl. Kebon Sirih, Jl. Budi Kemuliaan dan Kedubes Amerika Serikat menuju Patung Kuda akan ditutup.

Kemudian saat ini, jalan dari arah Jl. Hayam Muruk menuju Jl. Majapahit akan dialihkan menuju Jl. Juanda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com