Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Perbedaan Utama Sirkuit Formula E Ancol dengan Negara Lain | Angkut Wisatawan, Ambulans Nekat Terobos One Way di Puncak Bogor

Kompas.com - 09/05/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Ajang balap mobil Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan akan digelar di sirkuit buatan yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Sirkuit Formula E dibangun di kawasan Pantai Karnaval, tepat di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall), dengan panjang lintasan 2,4 km, lebar 12 meter dan jumlah 18 tikungan.

Irawan Sucahyono, VP of Infrastructure and GA Formula E - Jakpro, mengatakan, Sirkuit Ancol sebetulnya tidak semua layout dibuat baru karena tetap menggunakan jalan yang ada.

Selain itu, Baru-baru ini viral di media sosial, video yang memperlihatkan satu unit ambulans relawan yang diberhentikan polisi karena mencoba menerobos rekayasa lalu lintas satu arah (one way) yang diberlakukan dari Puncak, Bogor, ke arah Jakarta.

Video tersebut diunggah oleh salah satu akun Instagram bernama @andreli_48, Sabtu (7/5/2022). Kejadian bermula saat petugas kepolisian sedang bertugas melakukan proses rekayasa lalu lintas satu arah menuju Jakarta.

Mobil ambulans tersebut kemudian menerobos dengan cara melawan arah one way yang diberlakukan ke bawah sambil menyalakan sirine. 

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 8 Mei 2022 :

1. Perbedaan Utama Sirkuit Formula E Ancol dengan Negara Lain


"Ini sirkuit Formula E memang khusus dibuat untuk Formula E, kita tahu Formula E itu DNA-nya ialah street circuit, di mana-mana street circuit, jadi ini juga dibuat street circuit," katanya kepada Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Irawan mengatakan, desain trek yang benar-benar baru sebetulnya hanya 50 persen. Sedangkan 50 persen lainnya ialah menggunakan jalanan yang sudah ada sebelumnya.

"Sebetulnya tidak (semuanya dibuat baru) hanya 50 persen. Jadi jalan ini dari sana ke sana sudah ada dekat Mall), tapi dari sini ke sana baru (di bagian ujung)," ungkapnya.

Baca juga: Perbedaan Utama Sirkuit Formula E Ancol dengan Negara Lain

2. Angkut Wisatawan, Ambulans Nekat Terobos One Way di Puncak Bogor

Petugas kepolisian menindak satu unit mobil ambulans relawan beringin yang terobos one way di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas kepolisian menindak satu unit mobil ambulans relawan beringin yang terobos one way di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022).

Polisi yang tengah bertugas langsung menghampiri dengan niat awal membantu agar bisa memprioritaskan ambulans tersebut.

Namun, saat ditanya, sopir ambulans tersebut bertele-tele menjawab dan mengaku ingin ke rumah sakit. Ketika diperiksa, rupanya mobil ambulans ini tidak membawa pasien sama sekali.

Polisi akhirnya meminta sopir untuk turun dan membuka mobil berlogo relawan beringin itu. Pada saat dibuka, terdapat delapan penumpang yang diduga hendak pergi liburan ke Puncak.

Baca juga: Angkut Wisatawan, Ambulans Nekat Terobos One Way di Puncak Bogor

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com