Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kartu E-toll yang Bisa Dipakai di Ruas Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 07/05/2022, 07:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki arus balik Lebaran 2022, banyak pemudik yang diprediksi akan kembali melalui Tol Trans-Jawa.

Pada mudik tahun ini, hingga H-1 Lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat ada 1,7 juta unit kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju tiga arah yaitu Tol Trans-Jawa, Merak, dan Puncak.

Perlu diingat, pembayaran tol saat ini sudah tidak bisa menggunakan uang tunai, tapi menggunakan kartu uang elektronik atau e-toll. Pemudik perlu menyiapkan kartu e-toll dengan saldo yang mencukupi untuk pembayaran di setiap gerbang tol.

Baca juga: Pemudik Jangan Pakai 2 Kartu E-toll Berbeda di Tol Trans-Jawa

Saldo yang tidak mencukupi, dapat menghambat perjalanan dan juga arus kendaraan yang akan melintas melalui gerbang tol terkait. Sehingga, penting bagi pengemudi untuk memastikan saldo kartu e-toll cukup sesuai dengan tarif untuk rute yang dituju.

Untuk pembayaran, ada beberapa jenis kartu uang elektronik yang bisa dipakai untuk melewati ruas Tol Trans-Jawa. Namun, tidak semua kartu elektronik bisa dipakai.

Marketing & Communication Department Head Jasamarga Transjawa Toll Road Regional Division mengatakan bahwa ada empat kartu uang elektronik yang bisa digunakan.

Cara cek saldo e-Money Mandiri atau e-toll Mandiri dengan mudah, praktis, dan cepat di HP dan ATMANTARA FOTO/M Agung Rajasa Cara cek saldo e-Money Mandiri atau e-toll Mandiri dengan mudah, praktis, dan cepat di HP dan ATM

"Untuk kartu tol yang dapat digunakan seperti dari Bank Mandiri (e-Money), BNI (Tap Cash), BRI (Brizzi), dan BCA (Flazz)," ucap Tody kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sedangkan kartu lain seperti JakCard dari Bank DKI, merupakan e-toll yang hanya bisa dipakai di beberapa ruas tol wilayah Jabodetabek seperti Tol Dalam Kota, Sedyatmo, Jorr, dan Pondok Aren.

Baca juga: Tips Hindari Kecurangan Oknum Petugas Nakal di SPBU

"Selain ruas tersebut, JakCard juga telah dapat digunakan di ruas Tol Dalam Kota (Cawang-Tomang-Pluit) dan ruas Jagorawi. Selain itu belum bisa," ucap Irra Susiyanti, Marketing & Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad.

Berikut ini daftar kartu elektronik yang bisa dipakai untuk pembayaran di Tol Trans-Jawa:

  1. e-Money (Mandiri)
  2. Tap Cash (BNI)
  3. Brizzi (BRI)
  4. Flazz (BCA)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com