Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Berlakukan Buka Tutup Rest Area Km 125 Tol Purbaleunyi

Kompas.com - 07/05/2022, 07:12 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Cimahi AKP Sudirianto menjelaskan bahwa polisi melakukan buka tutup rest area Km 125 pada Jumat (6/5/2022) untuk melihat kapasitas rest area tersebut.

Penutupan rest area dilakukan selama 25 menit, dengan tujuan untuk menghindari kemacetan di Km 125 Tol Purbaleunyi.

Selain itu, penutupan juga dilakukan karena sudah ada banyak pengunjung yang berada di rest area Km 125 untuk mengisi bahan bakar.

Baca juga: 2.945 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi Saat Arus Mudik 2022

"Dapat kami laporkan, untuk situasi arus balik di dalam tol Km 125. Sekitar pukul 15.00 tadi kami lakukan penutupan," ucap Sudir seperti dikutip Kompas Regional, Jumat (6/5/2022).

Namun, area parkir di rest area Km 125 masih bisa menampung kendaraan pemudik yang ingin beristirahat atau berkunjunga ke rumah makan. Sudir mengatakan, untuk lahan parkir masih memadai kurang lebih 70 persen yang sudah terisi.

Jika beroperasi secara penuh, Sudir menjelaskan rest area Km 125 bisa menampung sebanyak 260 kendaraan pemudik, baik kendaraan kecil maupun kendaraan besar seperti bus angkutan umum.

PT Jasamarga Related Business (JMRB)  berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan sistem rekayasa buka-tutup pada saat pelaksanaan arus balik. Penerapan rekayasa buka-tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.Jasa Marga PT Jasamarga Related Business (JMRB) berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan sistem rekayasa buka-tutup pada saat pelaksanaan arus balik. Penerapan rekayasa buka-tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.

Baca juga: Tips Hindari Kecurangan Oknum Petugas Nakal di SPBU

"Area parkir di sini cukup luas, rest area ini bisa menampung 300 kendaraan kecil dan 60 kendaraan besar," ucap Sudir.

Sebagai informasi, arus balik pemudik di ruas Tol Purbaleunyi terpantau mulai padat, terlihat dari jumlah kendadraan yang memenuhi rest area Km 125 pada Jumat (6/5/2022).

Sedangkan arus lalu lintas dari arah Priangan Timur menuju Jakarta masih tampak lancar; belum ada antrean yang menyebabkan kemacetan di ruas Kilometer 125.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com