Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 5 Titik Kemacetan di Kawasan Wisata Puncak Bogor

Kompas.com - 05/05/2022, 07:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung per Rabu (4/5/2022) siang, total kendaraan yang mengunjungi kawasan wisata Puncak Bogor mencapai 90.000 kendaraan, meningkat 40 persen dibandingkan lalu lintas pada hari sebelumnya.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menjelaskan, jumlah tersebut dihimpun dari dua macam kendaraan, yaitu mobil dan sepeda motor. Namun, dari 90.000 kendaraan, mayoritasnya adalah sepeda motor.

"Berdasarkan catatan kami, volume kendaraan yang masuk menuju Puncak itu ada 40.000 untuk roda empat. Kemudian ada roda dua, yang masih mendominasi yakni ada 50.000," ucap Iman seperti dikutip Kompas Regional, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Wisatawan Meninggal di Puncak Bogor karena Kelelahan, Ini Kata Pengamat Safety Driving

Akibatnya, diberlakukan sistem satu arah atau one way sampai dua kali, agar kepadatan bisa diurai. Skema tersebut berlangsung dari pagi hingga sore.

Iman mengatakan, laporan anggota di lapangan menjelaskan, kemacetan tersebut terjadi di lima titik, yang juga terjadi di pintu masuk dan keluar Gerbang Tol Ciawi.

Lima titik sepanjang jalur Puncak yang padat adalah sebagai berikut:

  • Pasar Cisarua
  • Pasir Muncang
  • Megamendung
  • Simpang Taman Safari
  • Gunung Mas

Antrean  kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Antrean kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.

Baca juga: Video Viral Penumpang Diduga Tertipu Bus Saat Mudik, Dioper-oper

Antrean kendaraan terjadi akibat banyaknya pengunjung yang mengarah ke tempat wisata, seperti kebun teh, villa dan hotel.

"Kepadatan di lokasi wisata berdasarkan pantauan itu sudah cukup padat, lebih dari 90 persen terisi oleh pengunjung," ucap Iman,

Jumlah wisatawan diprediksi akan terus naik, sehingga akan terus diberlakukan sistem one way secara buka tutup, baik ke arah Jakarta maupun arah sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com