Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video All New Honda HR-V Turbo RS Mengeluarkan Asap Putih dari Knalpot

Kompas.com - 17/04/2022, 07:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan All New Honda HR-V Turbo RS mengeluarkan asap putih dari knalpot saat melaju di salah satu ruas jalan tol.

Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @juliancreateams. Dalam rekaman itu, terlihat All New Honda HR-V RS sedang melaju dengan kecepatan tinggi di ruas jalan tol. Tak berselang lama, mobil itu mengeluarkan kepulan asap putih dari knalpotnya.

“Ketemu All New Honda HR-V RS ngebut di jalan tol. Tapi kok keluar asap putih ya.. Apakah mesin turbonya makan oli ya?,” tulis keterangan video tersebut.

Baca juga: DAMRI Sudah Jual 12.000 Tiket Mudik Lebaran 2022

Cuplikan video itu pun menjadi perdebatan warganet di kolom komentar, beberapa menyebutkan bahwa hal itu wajar terjadi, namun sebagian mengatakan ada indikasi kerusakan pada mesin turbo.

Menanggapi hal ini, Kepala Bengkel Honda Jakarta Center Denny Sulistyo mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi namun dengan beberapa catatan.

“Jika di pagi hari atau cuaca dingin, kemudian begitu mesin hidup mobil langsung dijalankan pengemudi, bisa terjadi keluar asap putih seperti itu. Tetapi kalau kondisi mesin panas terjadi hal seperti itu (keluar asap putih dari knalpot) harus segera dibawa ke diler untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ucap Denny saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/4/2022).

@juliancreateams Kok All New Hrv RS gebul ya apakah mesin nya makan oli..? #hrv #allnewhrv #fyp #dikasihinfomazeeehh ? Dikasih Info Mazseh Ting Ting Ting - Dj Breakbeats

Denny melanjutkan, dirinya tidak bisa memberikan jawaban terkait penyebab varian tertinggi dari All New Honda HR-V mengeluarkan kepulan asap putih seperti itu.

“Harus dilakukan observasi terlebih dahulu, dan reproduksi jika memang keluhan tersebut ada,” kata dia.

Seperti diketahui, All New Honda HR-V baru saja diluncurkan pada Maret lalu. Turbo RS menjadi varian paling atas dari keluarga All New Honda HR-V.

All New Honda HR-V Turbo RS mengusung mesin 1.500 cc VTEC Turbo, yang menghasilkan tenaga 176 Tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.

Bicara soal harga, mobil ini dibanderol Rp 503,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com