Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Demo Mahasiswa, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta

Kompas.com - 11/04/2022, 04:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Unjuk rasa oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) direncanakan akan digelar hari ini, Senin (11/4/2022).

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di kawasan sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

"Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup pukul 08.30 WIB," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (10/4/2022).

Baca juga: Lihat Jeep Bermesin V8 Racikan AM Putranto di IIMS 2022

Jalan Medan Merdeka Barat nantinya juga akan dipasangi kawat berduri dan water barrier. Arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan.

"Demikian juga Harmoni arah ke istana akan kita tutup," ucap Sambodo.

Sedangkan untuk kawasan sekitar Gedung DPR dan MPR RI, Sambodo mengungkapkan bahwa arus lalu lintas bersifat situasional, melihat kondisi massa aksi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Sambodo mengatakan, jika massa cukup banyak, arus akan ditutup di bawah jembatan layang dan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda.

Sebagai informasi, unjuk rasa besar-besaran yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa dalam aliansi BEM SI direncanakan untuk digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, hari ini.

Baca juga: Jadwal MotoGP Amerika 2022, Balapan Digelar Senin Pagi

Berikut ini alih arus sekitar istana, dikutip dari Instagram @tmcpoldametrojaya:

1. Arus Lalu Lintas yang akan menuju Jl. Veteran III diluruskan ke TL Harmoni
2. Arus Lalu Lintas yang dari Merdeka Timur yang akan menuju Jl. Merdeka Utara/Istana Negara dibelokkan ke kanan Jl. Perwira
3. Arus Lalu Lintas dari Jl. Ridwan Rais yang akan menuju Jl. Merdeka Selatan diluruskan ke Jl Merdeka Timur
4. Arus Lalu Lintas dari Jl. MH Thamrin yang akan menuju Bunderan Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau kanan menuju Jl. Kebon Sirih
5. Arus Lalu Lintas dari Jl. Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl. Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl. Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jl. Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl. Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl. Abdul Muis
6. Arus Lalu Lintas dari Jl. Tabang II yang akan lurus ke Jl. Museum ke kiri maupun ke kanan, Arus Lalu Lintas dari Jl. Majapahit yang akan berbelok ke kiri ke Jl. Museum diluruskan ke Jl. Abdul Muis dan Arus Lalu Lintas dari Jl. Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jl. Museum diluruskan ke Jl. Majapahit
7. Arus Lalu Lintas dari Jl. Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl. Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl. Juanda dan Arus Lalu Lintas dari Jl. Suryo Pranoto yang akan menuju Jl. Ir. H. Juanda dibelokkan ke kiri Jl. Gajah Mada
8. Arus Lalu Lintas dari Jl. Abdul Muis yang akan menuju ke Jl. Majapahit dibelokkan ke kiri Jl. Tanah Abang II
9. Arus Lalu Lintas dari Jl. Katedral yang akan menuju ke Jl. Veteran dibelokkan ke kanan arah Pasar Baru
10. Arus Lalu Lintas dari Jl. Veteran Raya yang akan menuju ke Jl. Veteran I diluruskan ke arah TL Harmoni
11. Arus Lalu Lintas dari Jl. Veteran Raya yang akan menuju Jl. Veteran II diluruskan ke arah TL Harmoni

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com