Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Mau Dicuci Malah Tabrak Tiang, Jangan Percaya Penuh kepada Petugas Cuci

Kompas.com - 11/04/2022, 03:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil ke tempat steam memang menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan pemilik kendaraan. Apalagi saat ini memasuki musim hujan, sehingga mobil kerap kotor setelah digunakan.

Ketika menyerahkan kunci mobil kepada pegawai cuci mobil, tentu jangan sepenuhnya percaya padanya. Jangan sampai yang dipercayai menyetir mobil kita untuk dicuci, malah merusak kendaraannya.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun jpradarkudus di Tiktok, terlihat mobil berwarna abu-abu saat mau dicuci malah menabrak tiang.

Baca juga: Cuci Gudang Aksesoris Mobil Suzuki di IIMS Hybrid 2022

@jpradarkudus Haduh gajian minus deh mas. #radarkudus #radarkudusviral #entertainment #tiktokberita ? suara asli - jpradarkudus

 

Pada video itu, memang terlihat tidak terlalu kencang, namun mobil mengalami kerusakan yang cukup parah. Setidaknya bagian bumper depan, gril, sampai kap mesin rusak karena tabrakan tersebut.

Melihat kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil saat mencuci di tempat cuci mobil.

"Jangan percayakan kendaraan kita kepada orang lain yang belum tentu paham berkendara sekalipun dia petugas cuci mobil, valet, dan sebaginya," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (10/4/2022).

Baca juga: Jadwal MotoGP Amerika 2022, Balapan Digelar Senin Pagi

Sony menambahkan, para petugas tadi memang sering bekerja bersinggungan dengan kendaraan, tetapi lebih baik dilakukan sendiri. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan pada mobil karena salah pengoperasian.

"Kedua, cuci mobil memang dekat, pelan dan terlihat mudah tetapi justru sulit karena butuh kepresisian. Oleh karena itu, lebih baik dilakukan sendiri dengan tanggung jawab," ucapnya.

Terakhir, sebelum mencuci ke tempat cuci mobil, periksa kondisi peralatannya, terutama yang lift hydrolic. Apabila meragukan kondisinya, urungkan niat dan lebih baik tidak usah diangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com