Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Buntut Kasus Penipuan Diler Resmi Honda MT Haryono | Jumlah Pemudik Naik Jadi 85,5 Juta, Kendaraan Pribadi Mendominasi

Kompas.com - 10/04/2022, 07:01 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus penipuan yang terjadi di diler resmi Honda MT Haryono, Jakarta Selatan, akhirnya menemukan titik terang.

Seperti diketahui, sebelumnya wanita yang bernama Yunita Sari mengaku ditipu oleh salah satu oknum sales di diler MT Haryono bernama Ruhan, saat hendak membeli satu unit mobil, Honda Brio, Minggu (6/2/2022).

Pelaku mengenakan atribut lengkap pramuniaga Honda seperti seragam, id card dan kartu nama.

Namun ternyata, oksum sales yang diketahui merupakan pegawai training tersebut adalah penipu. Bahkan surat pemesanan kendaraan (SPK) dan bukti kuitansi yang diterima oleh Yunita adalah palsu.

Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang.

Jumlah tersebut bertambah dari dua hasil survei sebelumnya yang masing-masing sebanyak 79,4 pemudik dan 55 juta orang saat awal pengukuran.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, jumlah 85,5 juta orang pemudik didapat dari hasil survei terakhir yang dilakukan usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi lampu hijau mudik Lebaran.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 9 April 2022.

1. Buntut Kasus Penipuan Diler Resmi Honda MT Haryono

oknum sales melakukan penipuan di diler Honda MT Haryonoinstagram.com/_yunita_sari_ oknum sales melakukan penipuan di diler Honda MT Haryono

Yunita juga sempat melakukan transaksi di dalam diler tersebut, dan mentransfer uang sebesar Rp 10 juta sebagai booking fee ke rekening pribadi. Kemudian pada hari berikutnya ia kembali mentransfer uang sebesar Rp 37 juta agar mobil bisa dikirim pada hari Kamis.

Jadi total uang yang di transfer oleh Yunita kepada oknum penipu tersebut adalah sebesar Rp 47 juta.

Sebulan berlalu, Yunita dan pihak Honda sepakat untuk menempuh jalur damai. Pihak Honda MT Haryono pun setuju untuk membayar ganti rugi uang booking fee sebesar Rp 47 juta yang ditransfer Yunita sebagai booking fee ke rekening pribadi milik oknum tersebut.

Baca juga: Buntut Kasus Penipuan Diler Resmi Honda MT Haryono

2. Jumlah Pemudik Naik Jadi 85,5 Juta, Kendaraan Pribadi Mendominasi

Kepadatan lalu lintas di Tol CikampekKOMPAS.com Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek

"Bisa dimaklumi karena dua tahun ini mudik tidak diperbolehkan. Tentu banyak masyarakat yang sudah rindu kampung halaman, ini yang kemudian animo perjalanan mudik akan sangat meningkat," kata Adita, dalam virtual Media Breafing, Jumat (8/4/2022).

Lebih lanjut Adita mengatakan, dari hasil surveri terakhir dengan jumlah 85,5 juta pemudik tersebut, 14,3 juta berasal dari wilayah Jabodetabek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com