Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jasa Marga Rilis Tarif Tol Trans-Jawa, Jakarta ke Solo Rp 453.500 | Ternyata Hyundai Ioniq dan Kona EV Sudah Tidak DIjual Lagi

Kompas.com - 09/04/2022, 06:02 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang mudik Lebaran 2022 yang bakal berlangsung mulai akhir April 2022, PT Jasa Marga (Persero) telah merilis tarif Tol Trans-Jawa. Para pemudik pun bisa mempersiapkan uang elektronik agar terisi sebelum melewati jalan tol.

Karena dari kemarin banyak yang tanya terkait dengan besaran tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa, berikut mimin informasikan update tarifnya ya," tulis akun Instagram @official.jasamarga (7/4/2022).

Dalam unggahan gambar tersebut, tarif tol yang dikenakan berlaku untuk kendaraan golongan I, seperti sedan, bus, dan mobil pikap.

Baca juga: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 6 Sebentar Lagi Meluncur

Kemudian, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) secara resmi memperkenalkan mobil listrik baru berstatus completely knocked down (CKD) atau rakitan dalam negeri di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Bernama Ioniq 5, mobil juga digadang akan memenuhi permintaan pasar luar negeri alias ekspor, setelah berhasil diproduksi secara mandiri pada pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Seiring dengan kehadiran battery electric vehicle (BEV) tersebut, ternyata perseroan memutuskan untuk tidak lagi menjual mobil berteknologi serupa yang sudah lebih dahulu dipasarkan di Indonesia yaitu Ioniq dan Kona Electric Vehicle (EV).

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 8 April 2022.

1. Jasa Marga Rilis Tarif Tol Trans-Jawa, Jakarta ke Solo Rp435.000

Dalam unggahan gambar tersebut, tarif tol yang dikenakan berlaku untuk kendaraan golongan I, seperti sedan, bus, dan mobil pikap.

"Semoga dapat membantu perencanaan perjalanan dengan menyiapkan saldo uang elektronik yang cukup untuk perjalanan Kawan JM," tulis akun tersebut.

Sebagai informasi, tarif tol yang harus dibayarkan untuk setiap rute berbeda-beda. Rute Jakarta (via Tol Japek) - Cirebon (via GT Kancil) memiliki akumulasi tarif Rp 151.500 dan Jakarta (via Tol Japek) - Semarang (via GT Kalikangkung) sebesar Rp 377.500.

Baca juga: Jasa Marga Rilis Tarif Tol Trans-Jawa, Jakarta ke Solo Rp 453.500

2. Ternyata Hyundai Ioniq dan Kona EV Sudah Tidak Dijual Lagi

Ilustrasi pemanfaatan SPKLU di PLN menggunakan Hyundai IoniqKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi pemanfaatan SPKLU di PLN menggunakan Hyundai Ioniq

Hal ini diungkapkan oleh salah satu tenaga penjual Hyundai di lantai IIMS Hybrid 2022 saat ditemui redaksi Kompas.com pada Kamis (7/4/2022) sore.

"Sudah tidak ada lagi (Ioniq dan Kona EV), diganti oleh Ioniq 5. Sudah tak lagi dijual. Tetapi sekarang harga dan skema cicilan Ioniq 5 belum keluar," kata pria yang enggan disebutkan namanya itu.

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh tenaga penjual Hyundai lainnya di kesempatan terpisah. Tapi menurutnya, pihak HMID belum resmi memutus keberlanjutan dua produk mobil elektrik tersebut.

Baca juga: Ternyata Hyundai Ioniq dan Kona EV Sudah Tidak Dijual Lagi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com