Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enea Bastianini Siap Ukir Poin Lagi di MotoGP Amerika

Kompas.com - 05/04/2022, 11:31 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Gresini Racing MotoGP Enea Bastianini mengaku tidak bisa membalap secara optimal pada MotoGP Argentina 2022 yang digelar Minggu (3/4).

Di sirkuit Termas de Rio Hondo, Ia berhasil finis posisi 10, dari sebelumnya start dari posisi 12.

Pada balapan sepanjang 23 lap tersebut, Enea merasa tidak nyaman dengan karakter motor, sehingga tak bisa tampil kompetitif.

Beruntung posisinya masih di tiga besar klasemen MotoGP kumpulkan 36 poin, terpaut 9 poin dari pembalap teratas.

Keterlambatan logistik yang datang hari Jumat malam (1/4), memang membuat tim yang disponsori Federal Oil ini kerja ekstra cepat menyiapkan motor.

Baca juga: Profil Aleix Espargaro, Akhirnya Juara MotoGP di Start ke-200

Pekan balapan hanya berlangsung dua hari tersebut membuat berbagai program harus di padatkan guna mendapatkan setelan motor kompetitif.

"Merasa tak nyaman dengan motor dan kehilangan feeling bagus seperti saat warm up pagi hari. Kami benar kurang memahami balapan ini. Saya punya kecepatan yang baik, tapi terlalu sering tertahan," ujar Bastianini, dalam keterangan tertulis (5/4/2022).

Enea BastianiniDok. Federal Oil Enea Bastianini

"Kami terlalu banyak menemui masalah dengan bagian belakang motor. Setidaknya bisa mencetak beberapa poin, jadi kita harus berpikir positif dan bersiap untuk balapan di Texas," kata dia.

Sementara itu, Fabio Di Giannantonio mengalami insiden di penghujung balapan. Beruntung dirinya tak mengalami cidera dan hanya sakit di bagian perut.

"Hanya lecet saja dan terkena benturan di bagian perut tanpa ada kekhawatiran. Sebenarnya kami ingin hasil yang berbeda dan balapan berjalan normal, tapi kini harus tetap melakukan pengembangan diri," ucap Diggia.

Hasril Arsyad selaku Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) mengapresiasi apa yang dilakukan tim Gresini Racing MotoGP.

Baca juga: Masih Inden, Suzuki Gixxer SF 250 Hadir di IIMS 2022 Tanpa Diskon

Menurutnya, segala persiapan balapan memang sangat dadakan akibat keterlambatan logistik di MotoGP Argentina.

Hasril menambahkan, pada MotoGP Amerika pekan depan yang lintasannya sangat berbeda. Mereka diharapan bisa menambah poin dan memperbaiki posisi di klasemen sementara. Saat ini Enea di posisi tiga dengan 36 poin dan Diggia masih belum memetik poin.

“Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio tentunya tak mengharapkan hasil buruk, tapi ini masih menjadi catatan di awal musim," kata Hasril.

"Setidaknya Enea masih bisa menambah poin penting di klasemen. Beruntung Fabio tak mengalami cidera usai insiden," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com