Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Puluhan Mobil Ngebut Langsung Terjaring Tilang Elektronik di Tol | Hasil MotoGP Argentina 2022, Aleix Espargaro Menang, Sengit Lawan Martin

Kompas.com - 05/04/2022, 06:02 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan tol resmi diberlakukan oleh Korlantas Polri dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sejak 1 April 2022.

Seperti diketahui tilang elektronik jalan tol mengincar dua jenis pelanggaran, yang pertama adalah pelanggaran batas kecepatan. Pelanggaran kedua yang diincar adalah truk yang melebihi batas kapasitas dan dimensi (truk ODOL).

Pada hari pertama penerapan langsung terjaring 19 mobil pelanggar yang tertangkap kamera melebihi batas kecepatan maksimal.

Baca juga: Mobil Baru yang Melantai di IIMS 2022, Innova EV sampai Tesla Model Y

Kemudian, pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro sukses menjadi yang tercepat di MotoGP Argentina 2022. Espargaro mampu mengalahkan pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin dalam balapan yang sengit.

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins mampu meraih podium ketiga, sedangkan rekannya Joan Mir ada di posisi keempat. Sedangkan Francesco Bagnaia menutup posisi lima besar.

MotoGP Argentina akhirnya kembali setelah dua musim absen. Alasan Sirkuit Termas de Rio Hondo tidak menjadi venue MotoGP pada musim 2020 dan 2021 lantaran pandemi Covid-19 yang masih mengganas.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 4 April 2022.

1. Puluhan Mobil Ngebut Langsung Terjaring Tilang Elektronik di Tol

Ilustrasi jalan tol.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Ilustrasi jalan tol.

“Ada 19 pelanggaran overspeed di hari pertama tanggal 1 April 2022,” ucap Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam melalui keterangan resmi, (3/4/2022).

Kendaraan-kendaraan yang tertangkap kamera tersebut ngebut melaju dengan kecepatan di atas 100 km per jam (kpj).

Berdasarkan aturan yang berlaku, batas kecepatan di jalan tol adalah paling rendah 60 km per jam (kpj) dengan batas tertinggi 100 kpj. Hal ini sebagaimana yang telah diatur dalam Pasal 287 ayat 5 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009.

Baca juga: Puluhan Mobil Ngebut Langsung Terjaring Tilang Elektronik di Tol

2. Hasil MotoGP Argentina 2022, Aleix Espargaro Menang, Sengit Lawan Martin

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022

Kini, setelah absen dua musim, Sirkuit Termas de Rio Hondo kembali menggelar balapan MotoGP Argentina 2022.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Sirkuit Termas de Rio Hondo terletak 6 kilometer dari kota yang memberi nama tempat tersebut, yaitu di Provinsi Santiago del Estero.

Sirkuit Termas de Rio Hondo pertama kali menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2014. Lintasan balap satu ini memiliki 14 tikungan dengan rincian lima ke kiri dan sembilan lainnya mengarah ke kanan.

Baca juga: Hasil MotoGP Argentina 2022, Aleix Espargaro Menang, Sengit Lawan Martin

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com