Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Start dari Barisan Pertama dan Kedua di MotoGP Argentina 2022

Kompas.com - 03/04/2022, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia meraih hasil terbaiknya dalam kualifikasi di era MotoGP. Aleix Espargaro mencatatkan waktu tercepat alias mendapat pole position.

Aleix sukses meraih pole position pertamanya di kelas utama. Begitu pula untuk tim Aprilia Racing di era MotoGP ini juga menjadi yang pertama kalinya.

Meskipun waktu yang dimiliki sangat terbatas, dengan sesi latihan bebas dan kualifikasi dilaksanakan bersamaan pada hari yang sama, tapi para pebalap Aprilia bisa tampil menjanjikan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina 2022, Kejutan dari Aleix Espargaro

Pada sesi latihan bebas FP2, kedua pebalap Aprilia sudah sanggup memonopoli dua posisi teratas. Aleix dan Maverick Vinales pun otomatis langsung masuk sesi kualifikasi Q2.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022

Pada sesi kualifikasi di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Aleix mencatatkan waktu tercepat 1 menit 37,688 detik. Dia mengaku sangat bangga dengan hasil tersebut.

"Saya selalu mengatakan bahwa Aprilia adalah keluarga kedua saya. Ada ikatan yang erat dengan proyek ini, dan rasa terima kasih yang tulus saya sampaikan kepada seluruh pihak yang bekerja secara terus menerus, di lintasan dan di Noale, untuk mewujudkan kesuksesan ini," ujar Aleix, dalam keterangan resminya.

Aleix menambahkan, dirinya sudah memikirkan tentang pole hari ini setelah melihat kecepatannya selama sesi latihan bebas, baik dengan ban belakang medium maupun soft.

Baca juga: Tepati Janji, Ini Momen Aleix Espargaro Lempar Helm ke Penonton di Mandalika

"Besok? Tidak akan menjadi balapan yang mudah. Kami memiliki waktu yang sangat terbatas dari biasanya untuk mempersiapkan diri, tapi kami tetap siap," kata Aleix.

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales start dari barisan pertama dan kedua pada MotoGP Argentina 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro dan Maverick Vinales start dari barisan pertama dan kedua pada MotoGP Argentina 2022

Sementara rekan setimnya, Vinales, dengan catatan waktu 1 menit 38,196 detik, akan start dari posisi kelima. Hasil tersebut juga jadi yang terbaik sejauh dia bergabung dengan Aprilia.

"Saya sangat bahagia untuk Aleix dan untuk Aprilia. Saya rasa ini adalah hasil yang layak didapatkan. Keseluruhan tim bekerja dengan sangat baik. Saya langsung merasa nyaman meski dengan low grip di aspal. Pada balapan esok hari, kami harus lebih fokus. Namun, saya tidak khawatir karena apapun hasil akhirnya, perkembangan kami dan langkah maju yang kami ambil sejak dari Mandalika," ujar Vinales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com