Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Formula E Ditargetkan Selesai 1 Mei 2022

Kompas.com - 26/03/2022, 14:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif memperkirakan konstruksi seluruh proyek Sirkuit Formula E Jakarta hingga fasilitas pendukungnya rampung pada 1 Mei 2022.

Hal tersebut, seiring catatan BUMD DKI Jakarta yang menyatakan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pelaksana ajang balap sudah menyelesaikan 87,9 persen konstruksi untuk sirkuitnya.

"Semua 100 persen selesai 1 Mei," kata Syarif dilansir Antara, Jumat, (25/3/2022).

Baca juga: Pahami Teknik Pengereman Motor yang Benar Saat Berkendara

Sisi barat sirkuit Formula E diambil dari tempat pembangunan zona 5 sirkuit Formula E, Ancol Jakarta Utara. Foto atas diambil pada 25 Maret 2022, foto bawah pada 29 Desember 2021.KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Sisi barat sirkuit Formula E diambil dari tempat pembangunan zona 5 sirkuit Formula E, Ancol Jakarta Utara. Foto atas diambil pada 25 Maret 2022, foto bawah pada 29 Desember 2021.

Dengan realisasi itu, dia optimistis awal April 2022 pengerjaan sirkuit atau lintasan sudah rampung meski mundur dua hingga tiga hari karena ada peninjauan ulang dari panitia.

Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan tribune penonton, pembatas dan garasi tim pembalap (paddock) serta konstruksi lain seluruhnya diperkirakan selesai 1 Mei 2022.

"Kami apresiasi pekerjaan yang dikerjakan Jakpro dan kami pikir masyarakat sudah menanti, tidak sabar melihat Formula E," katanya ketika meninjau pembangunan sirkuit Formula E Jakarta.

Dalam kesempatan sama, ia menyatakan bahwa kapasitas bangku penonton di tribune diperkirakan mencapai minimal 10 ribu orang dan masih akan terus dievaluasi kembali.

Baca juga: Jangan Ngebut, Berkendara di Cuaca Ekstrem Rawan Kecelakaan

Rute balap Formula E jika diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta PusatKOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI Rute balap Formula E jika diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat

Hal serupa juga dinyatakan oleh Penasihat Sirkuit Formula E yang merupakan tim teknis dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), Irwan Sucahyono dalam kesempatan terpisah.

"Tribune rampung harus menunggu trek selesai," katanya.

Diketahui, balap mobil listrik Formula E Jakarta 2022 atau Jakarta E- Prix di Ancol direncanakan berlangsung pada 4 Juni 2022 atau tinggal 70 hari lagi.

Dengan anggaran Rp 60 miliar, lintasan sirkuit Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter dan 18 tikungan. Pada trek itu, peserta dan penonton akan disuguhkan dengan pemandangan laut dan Jakarta International Stadium

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com