Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skeptis Itu Wajib kalau Melihat Tawaran Mobil Bekas Harga Murah

Kompas.com - 22/03/2022, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA,KOMPAS.com – Jual beli mobil bekas kini menjadi hal yang sudah tidak asing lagi Indonesia. Bahkan, kini memilih mobil bekas dapat dilakukan secara online.

Beberapa lapak penjual mobil bekas kini dengan mudah bisa ditemukan di situs jual beli mobil bekas. Mobil bekas murah kualitas bagus menjadi buruan banyak orang

Meskipun mudah, pembeli juga harus jeli dalam membeli mobil bekas, terutama jika hanya memilih secara online. Jurusnya, skeptis itu wajib kalau melihat penawaran mobil bekas dengan harga murah atau di bawah rata-rata.

Baca juga: Kupas Keunikan Desain Eksterior Hyundai Creta

Joni Gunawan, atau yang lebih dikenal dengan Joni Lapak Mobil, salah satu pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua, mengatakan, calon pembeli terutama bagi orang yang awam tentang otomotif jangan sampai tergiur dengan harga mobil bekas murah

“Baiknya pembeli mencari tahu terlebih dahulu kondisi mobil bekas tersebut. Misalnya apakah mobil pernah alami banjir atau tabrakan,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Harga mobil bekas yang murah memang menggoda, tetapi terkadang ini adalah jebakan bagi para calon pembeli. Bukannya untung, pembeli justru mendapatkan mobil bekas yang kualitasnya buruk.

Potret bursa mobil bekas di Carmudi Carsentro Solo BaruRizen Panji Potret bursa mobil bekas di Carmudi Carsentro Solo Baru

Iming-iming mobil bekas murah memang banyak dilakukan oleh penjual. Maka dari itu, pembeli harus lebih jeli dalam memeriksa mobil bekas dengan harga murah yang ditawarkan.

Jony mengatakan, jika pembeli menemukan mobil bekas ditawarkan dengan harga yang murah oleh penjual, jangan hanya sekadar bertanya pada penjual. Perlu juga dilakukan pemeriksaan mobil secara langsung.

Baca juga: Toyota Rush Masih Terlaris Sepanjang Februari 2022

“Sebelum membeli mobil bekas, harus diperiksa. Kalau hanya bertanya pada penjual, khawatir semua bilang bagus,” kata Joni.

Pemeriksaaan ini harus dilakukan keseluruhan pada mobil, mulai dari mesin, performa, interior, eksterior, kelengkapan surat, hingga riwayat pemakaian mobil.

Bagi yang tidak mengerti mobil, dapat meminta bantuan pada otospekctor untuk memeriksa mobil bekas yang akan dibeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com