Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Octan Booster Bisa Dongkrak Tenaga BBM Murah?

Kompas.com - 21/03/2022, 16:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap jenis bahan bakar minyak (BBM) memiliki nilai oktan tertentu. Masing-masing dari jenis tersebut juga dibutuhkan oleh mesin dengan rasio kompresi tertentu.

Untuk rasio kompresi mesin 1:7 hingga 1:9, disarankan menggunakan bensin dengan nilai oktan (RON) 88. Lalu, untuk rasio kompresi mesin 1:9 hingga 1:10, sebaiknya menggunakan bensin dengan RON 90.

Sementara untuk mesin dengan rasio kompresi 1:10 hingga 1:11, disarankan menggunakan bensin dengan RON 92.

Terakhir, untuk mesin yang rasio kompresinya mencapai 1:11 hingga 1:12, sebaiknya menggunakan bensin dengan RON 95.

Baca juga: Mengisi BBM Tak Sesuai Rasio Kompresi Sebabkan Kerusakan?

Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri, mengatakan, octane booster biasanya digunakan pada mobil-mobil berperforma tinggi dan hi-end atau mereka yang punya mobil keren, tapi ingin BBM murah.

Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

"Kenaikan oktan akan berdampak pada kenaikan daya. Sehingga hemat BBM dan menurunkan emisi, jika ada kesesuaian dengan tekanan akhir kompresi, timing ignition, dan air fuel ratio," ujar Tri, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Tri menambahkan, tergantung juga dengan teknologi kendaraannya. Menurutnya, semua mobil dengan performa tinggi pasti membutuhkan RON yang tinggi. Sebab, dilengkapi teknologi GDI/CRDI, turbo atau supercharger, dan lainnya.

Salah satu octane booster yang ada di pasaran sekarang ini adalah Bardahl Octane Booster (bensin) dan Bardahl DFC with Cetane (solar). Octane booster ini diklaim dapat meningkatkan kandungan oktan dan cetane hingga 3 poin.

Baca juga: Pelumas dan Zat Aditif Bardahl Jualan Lagi di Indonesia

Vice President Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto mengatakan, sebagai merek yang sudah berusia lebih dari 80 tahun dengan kekuatan teknologi dan inovasi, Bardahl Octane Booster diformulasikan untuk meningkatkan oktan pada BBM hingga 3 poin dan memaksimalkan performa mesin kendaraan.

Zat aditif atau octane booster keluaran BardahlDok. Bardahl Zat aditif atau octane booster keluaran Bardahl

"Fuel additives Bardahl terbukti menjadi solusi untuk menjaga keawetan sekaligus meningkatkan performa mesin kendaraan," kata Pudjijarto, dalam keterangan resminya.

Pudjijarto menambahkan, peningkatan kadar oktan dan cetane dalam BBM melalui fuel additives ini, turut berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon dari kendaraan, seperti hidrokarbon, CO, dan NO2.

Livery Mooney VR46 Racing Team untuk MotoGP 2022Dok. MotoGP Livery Mooney VR46 Racing Team untuk MotoGP 2022

Kualitas Bardahl sendiri juga diakui di dunia balap dengan mensponsori tim satelit Ducati, yakni Mooney VR46 Racing Team. Tim yang dibela oleh Luca Marini dan Marceo Bezzecchi ini dimiliki oleh Valentino Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com