Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpanjangan PPnBM Berdampak Positif pada Penjualan Toyota Avanza

Kompas.com - 16/03/2022, 12:41 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpanjangan insentif PPnBM yang diberikan pemerintah untuk menstimulus penjualan mobil baru di Indonesia nampaknya berimbas positif bagi PT Toyota Astra Motor (TAM). Penerimaan Avanza diklaim jauh lebih baik dibanding bulan sebelum diskon PPnBm diberlakukan.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa, relaksasi itu berimbas pada meningkatnya penjualan mobil yang baru dirasakan pada Februari 2022. Hal itu terlihat dari data animo serta permintaan dari konsumen yang cukup tinggi.

"Februari ada sedikit karena memang pengumuman itu baru diputus kira-kira mendekati akhir bulan karena konsumen Indonesia ini kan ingin mendapatkan kepastian. Kalau bicara demand atau permintaan itu sangat tinggi, banyak sekali dapat permintaan, jadi animonya tetap tinggi," ujar Anton di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022 belum lama ini.

Baca juga: Bisa Rental Mobil Toyota di JAW 2022, Mulai Rp 2,5 Juta

Anton melanjutkan, secara waktu dan momentum peresmian aturan cukup mepet. Artinya secara dampak dari kebijakan PPnBM disebutkan baru akan terasa pada Maret 2022.

"Cuma timingnya mendekati akhir bulan harapan kami bisa maksimal di bulan Maret ini. Karena itu, ini jadi evaluasi juga saya pikir untuk pemerintah ke depannya bagaimana," kata dia.

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Toyota Avanza

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir, Bisa Bikin Rem Jadi Macet?

Menurut dia, model yang paling merasakan dampak positif dari stimulus ini, yaitu all new Avanza, khususnya varian 1.5 G MT dengan selisih atau penurunan harga hingga Rp16 juta. Lalu Avanza 1.3 E MT dengan penurunan harga Rp11,1 juta dan 1.3 E CVT Rp11,9 juta.

"Saya rasa seharusnya sih ada kenaikan ya (non-LCGC). Sebagai contohnya mungkin, bocoran sedikit di Maret untuk demand dari Avanza lumayan meningkat kira-kira 15-20 persenan. Jadi saya rasa ini adalah subsidi atau support dari PPnBm juga," ujar Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com