Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma 3 Unit di Indonesia, Honda Civic Type R FK2 Dijual Rp 1 Miliar

Kompas.com - 27/02/2022, 08:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit penggemar otomotif yang menginginkan tunggangan yang unik dan langka. Bahkan, tak jarang dari mereka rela merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan mobil impiannya meski berstatus mobil bekas.

Salah satunya mobil yang cukup banyak diincar oleh para kolektor adalah Honda Civic Type R FK2.

Baca juga: Mau Beli Honda Civic Estilo, Segini Biaya Peremajaannya

Sebagai informasi mobil ini tidak diproduksi di Indonesia, melainkan merupakan built up (Completely Build Up/CBU), atau didatangkan secara utuh (impor).

Tak heran jika mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis lantaran populasinya di Indonesia yang sangat langka.

Honda Civic Type R FK2Doc pribadi Honda Civic Type R FK2

Pria yang enggan disebut identitasnya, menjual Honda Civic Type R FK2 lansiran tahun 2015 miliknya dengan harga yang cukup mahal yakni Rp 1,025 Miliar.

Mobil ini produksi United Kingdom (UK/Inggris) Type R FK2, cuma ada 2.500 unit di dunia dan hanya ada 3 unit di Indonesia,” ucap pria tersebut kepada Kompas.com, Sabtu (26/2/2022).

Ia melanjutkan, odometer mobil ini baru menunjukkan angka 9.000 km. Artinya, selama 7 tahun, mobil ini lebih banyak berada di garasi dibandingkan di jalan. Hal ini wajar, mengingat mobil kolektor, pemilik mobil tersebut hanya sesekali saja memakainya.

“Kondisi interior dan eksteriornya juga masih original, hanya ada modifikasi pada pelek ban dan knalpot saja. Kebetulan memang mobil ini koleksi saya pribadi,” kata dia.

Honda Civic Type R FK2Doc pribadi Honda Civic Type R FK2

Baca juga: Antisipasi Aquaplaning, Perhatikan Kelayakan Ban Sebelum Berkendara

Sebagai informasi, Honda merilis Type R dengan kode FK2 pada tahun 2015 di Geneva Motor Show ke-85.

Mobil ini menjadi generasi keempat keluarga Type R yang berbasis dari Civic generasi ke-9, sekaligus menjadi Civic Type R pertama yang hadir dalam wujud hatchback 5 pintu.

Civic Type R FK2 dibekali jantung pacu 1.996 cc empat silinder dengan turbo yang mampu melontarkan tenaga 308 Ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pada 2.500 sampai 4.500 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com