Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah CBU, CKD, dan IKD pada Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 21/02/2022, 13:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pecinta otomotif, tentu akan sering mendengar istilah berupa singkatan seperti CBU, CKD, maupun IKD.

Tiga singkatan tersebut merupakan istilah di dunia industri otomotif. Ketiganya bermakna metode produksi dan perakitan kendaraan bermotor yang akan dijual oleh agen distributor atau agen pemegang merk resmi di suatu negara.

Dirangkum dari beragam sumber, Minggu (20/2/2022), CBU adalah singkatan dari Completely Build Up. CBU merupakan kendaraan bermotor yang diimpor langsung dari negara asal perakitannya dalam kondisi utuh.

Baca juga: Telat Bayar Pajak Kendaraan Bisa Kena Tilang, Ini Penjelasannya

Honda CBR250R CBU Thailand Foto: Istimewa Honda CBR250R CBU Thailand

Ketika dipasarkan, tentu harga kendaraan bermotor CBU ini akan relatif lebih mahal. Ini disebabkan adanya biaya masuk yang tinggi untuk mengimpor kendaraan secara utuh.

Lalu selanjutnya ada istilah CKD yang merupakan singkatan dari Completely Knock Down. CKD sendiri berarti kendaraan bermotor yang diimpor dalam keadaan komponen yang lengkap namun belum dirakit alias masih terurai.

Selanjutnya komponen-komponen tersebut akan dirakit di negara pengimpor hingga menjadi kendaraan yang utuh siap pakai.

Baca juga: Bagi yang Belum Tahu, Ini Cara Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan

Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMINdok.TMMIN Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMIN

 

Di Indonesia, agar memenuhi syarat CKD, untuk sepeda motor wajib memiliki empat komponen utama, yaitu mesin, rangka, roda, dan kemudi. Lalu untuk kendaraan roda empat atau lebih wajib memiliki komponen utama berupa mesin, transmisi, bodi atau sasis, dan gardan.

Terakhir adalah IKD, singkatan dari Incompletely Knock Down. IKD merupakan kendaraan bermotor yang diimpor dalam kondisi tidak utuh dan tidak lengkap.

Hal ini disebabkan komponen-komponen yang tidak diimpor bisa diproduksi sendiri di dalam negeri. Karena beberapa komponen merupakan produksi lokal, tentu harga kendaraan IKD bisa lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com