Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

Kompas.com - 19/02/2022, 14:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasokkan kendaraan berjenis multi purpose vehicle (MPV) premium dari Toyota, Alphard ke Indonesia terus berkurang sejak akhir 2021 kemarin. Bahkan pada awal tahun ini, distribusinya mencapai titik nol unit.

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, hal tersebut karena adanya gangguan kegiatan manufaktur di Jepang, tempat Alphard diproduksi.

"Hanya sedikit gangguan produksi di Jepang. Diakui beberapa kali kami mengalami isu produksi, pengurangan produksi yang berlangsung mulai akhir tahun lalu sampai mungkin awal 2022," katanya dalam konferensi virtual Kamis, (17/2/2022).

Baca juga: Siap Meluncur, Hyundai Stargazer Tertangkap Kamera Lagi Tes Jalan

"Mudah-mudahan tidak lama lagi akan recover (pulih). Tetapi kalau dari sisi permintaan, masih cukup baik," lanjut Anton.

Interior Toyota AlphardTAM Interior Toyota Alphard

Namun, Anton tak menyebutkan alasan gangguan dimaksud. Bila mengacu keadaan industri otomotif secara umum, beberapa waktu lalu memang ada hambatan imbas pasokkan komponen cip semikonduktor.

Kondisi tersebut, membuat Toyota serta pabrikan otomotif Jepang lain beberapa kali harus melakukan pengurangan hingga pemberhentian sementara kegiatan produksi.

Selain itu, tersendatnya pasokkan Alphard ke Indonesia juga karena ada masa tunggu impor untuk kode Vehicle Identity Number (VIN) baru. Sebab mobil berstatus Completely Built-Up (CBU) atau impor secara utuh dari Jepang.

Baca juga: Kupas Mesin Voxy Baru yang Diklaim Lebih Bertenaga dan Efisien

"Kalau di Januari memang biasa (pasokkan mencapai nihil), karena kalau CBU rata-rata kami tidak melakukan impor di Desember karena memang produksi VIN 2021. Sebab biasanya konsumen ingin VIN Code yang baru (2022)," kata Anton.

Interior Toyota AlphardTAM Interior Toyota Alphard

"Jadi kebanyakan kendaraan VIN Code baru yang diproduksi di Januari itu sampai ke Indonesia pada Februari atau Maret," lanjut dia.

Diketahui, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraaan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada kuartal IV/2021 secara berurutan Toyota hanya mengimpor Alphard sebanyak 296 unit, 78 unit, dan 0 unit.

Padahal pada tiga bulan sebelumnya, alias Juli-September 2021, pasokkan Alphard secara total mencapai 1.733 unit. Adapun keadaan suplai nihil tersebut, bertahan hingga Januari 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com