Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Siswi SMP Masuk Tol Japek karena Salah Pilih Menu Google Maps | Pengendara Motor Tertabrak Mobil di Tol Cikampek, Ini Kata Pengelola

Kompas.com - 19/02/2022, 06:30 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pengendara sepeda motor masuk jalan tol kembali terulang. Kali ini, dialami oleh siswi sekolah menengah pertama (SMP) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Km 1 arah Bekasi, wilayah Jakarta Timur, Kamis (17/2/2022).

Kejadian tersebut terekam dalam video dan viral di media sosial. Nahasnya, siswi tersebut mengalami kecelakaan karena tersenggol oleh mobil yang melintas.

Kanit Laka Satlantas Jakarta Timur Iptu Seno Wibowo mengatakan, kecelakaan bermula saat siswi berusia 16 tahun itu berangkat sekolah. Siswi itu mengandalkan aplikasi Google Maps mobil, makanya bisa masuk tol.

Kemudian, kecelakaan yang melibatkan pengendara motor terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Japek), tepatnya di Km 00+800 Halim Ruas Dalam Kota arah Cikampek pada Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Dampak Gunakan Pasta Anti-bocor pada Ban

Video detik-detik terjadinya kecelakaan tersebut viral di media sosial, salah satu akun Instagram yang mengunggah kejadian tersebut adalah @lensa_berita_jakarta. Dalam tayangan itu, pemotor yang diduga anak SMP tampak tergeletak tak berdaya.

Saat tim redaksi konfirmasi hal ini kepada pihak pengelola Tol, Kamis (17/2/2022), Jasa Marga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Ruas Tol Dalam Kota bersama Kepolisian tengah melakukan investigasi dan penanganan kejadian.

Selengkapnya, berikut daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 18 Februari 2022.

1. Siswi SMP Masuk Tol Japek karena Salah Pilih Menu Google Maps

Ilustrasi pintu tol Madyopuro, MalangRajendra Sulaiman Ilustrasi pintu tol Madyopuro, Malang

"Dia kaget kok motor sendiri, dia mau mutar balik. Begitu putar balik, ada sentuhan dengan mobil," kata Seno, kepada wartawan, Kamis.

Seno menambahkan, siswi tersebut biasanya diantar ayahnya naik mobil, tetapi hari ini mengendarai motor sendiri.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, mengingat masih ada faktor human error yang dilakukan oleh pengendara motor yang masuk ke jalur tol, menurutnya, rambu-rambu tersebut kurang diperhatikan.

 

Baca juga: Siswi SMP Masuk Tol Japek karena Salah Pilih Menu Google Maps

2. Pengendara Motor Tertabrak Mobil di Tol CIkampek, Ini Kata Pengelola

Jalan Di Atas Perairan (JDP) atau Jalan Tol Bali yang sudah lulus uji kelayakanMuhammad Hasanudin Jalan Di Atas Perairan (JDP) atau Jalan Tol Bali yang sudah lulus uji kelayakan

Dalam keterangan yang dikirim melalui pesan singkat itu, dijelaskan bahwa kejadian berawal dari informasi Satuan Tugas (Satgas) operasional kepada Petugas Sentral Komunikasi bahwa ada kendaraan roda dua melintas di jalan tol melawan arah dengan kecepatan tinggi.

Petugas keamanan Gerbang Tol Halim berupaya memperingati dengan cara berteriak agar pengendara menepikan kendaraannya ke bahu jalan, namun tidak digubris. Tiba di Km 00+800 pengendara roda dua tersebut terjatuh di lajur tiga.

Petugas Mobile Customer Service Jasa Marga bersama Kepolisian segera melakukan penanganan evakuasi kendaraan tersebut. Selama proses penanganan tersebut petugas melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi kejadian.

Baca juga: Pengendara Motor Tertabrak Mobil di Tol Cikampek, Ini Kata Pengelola

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com