Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Lalu Lintas DKI Jakarta Turun Hingga 14 Persen

Kompas.com - 18/02/2022, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat telah terjadinya penurunan total volume kendaran bermotor di wilayah Ibu Kota hingga 14 persen dalam beberapa waktu terakhir.

Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh meningkatnya kasus penyebaran atas Covid-19 varian baru Omicron sehingga membuat banyak aktivitas secara langsung terpaksa dibatasi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penurunan volume lalu lintas terpantau dari Google Mobility Index.

Baca juga: Ganjil Genap di Kawasan Wisata Jakarta Ditiadakan Sementara

Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.

Data tersebut memperlihatkan penurunan aktivitas yang cukup tajam di tempat kerja, tempat rekreasi, transportasi publik dan sebagainya.

Penurunan mobilitas di Google Mobility Index bahkan mencapai 22 persen, berbanding lurus dengan mobilitas keluar masuk Jakarta yang diukur dari volume kendaraan di ruas-ruas jalan tol.

“Kita bisa lihat juga bahwa terjadi penurunan arus lalu lintas yang masuk ke Jakarta dari kota-kota satelit, seperti dari Tangerang, dari Bekasi, dan Depok,” kata Sambodo, Jumat (17/2/2022).

Baca juga: Kasus Motor Masuk Tol karena Google Maps, Pastikan Pakai Mode Khusus Motor

Lebih jauh, ia mengatakan penurunan volume kendaraan dapat dilihat dari Gerbang tol di Halim, Cililitan, dan Tomang yang terjadi sejak awal pekan kemarin, Senin (14/2/2022) mencapai 10-14 persen.

Penyebabnya, sangat beragam mulai dari penurunan volume arus lalu lintas di tempat kerja karena beberapa perusahaan sudah menerapkan kembali work from home (WFH).

Lalu penurunan aktivitas di tempat belanja maupun pusat perbelanjaan, cafe, sampai dengan beberapa sekolah yang menunda pembelajaran tatap muka (PTM) karena masuk klaser Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com