Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Sunroof, Toyota Voxy Baru Tawarkan Fitur Lebih Berlimpah

Kompas.com - 17/02/2022, 17:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai janjinya, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Voxy ke Indonesia. Boxy MPV asal Jepang ini hadir dengan ragam perubahan yang membuatnya makin premium.

Tak hanya bermodalkan desain, fitur, serta peningkatan performa dasar berkat platform dan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA) yang baru, tetapi generasi keempat Voxy juga sudah mengaplikasi teknologi keselamatan aktif yakni Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0).

Dari segi desain, MPV yang kerap disebut sebagai "baby Alphard" ini hadir dengan paduan visual agresif serta futuristik dengan tema Energetic dan Bold.

Tongkrongan depan yang edgy terlihat dari instrumen desain bumper dan gril baru yang unik pada satu frame krom, setelah itu dikolaborasikan dengan New Bold Headlamp Design secara seamless dengan bagian atas gril.

Baca juga: Dijual Rp 558,2 Juta, All New Toyota Voxy Resmi Meluncur

All New Toyota Voxy resmi meluncur di Indonesia, Kamis (17/2/2022).dok.TAM All New Toyota Voxy resmi meluncur di Indonesia, Kamis (17/2/2022).

Masuk ke samping, meski tetap mengusung kesan kotak, namun kehadiran pelek 17 inci dengan desain menyerupai turbindan dibalut kombinasi krom serta kelir abu-abu, ampuh memberikan kesan elegan. Sementara bagian belakang, terbentang rear combination lamp baru yang lebih stylish.

Bermodalkan panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm, otomatis membuat Voxy punya ruang kabin yang mampu memanjakan penumpangnya. Desain atap persegi dibuat tanpa lekukan yang memberikan ruang atas lebih lapang.

Ditambah dengan pemanfaatan platform TNGA dan dukungan wheelbase 2.850 mm, lantai All New Voxy dapat dibuat rendah dan rata sehingga memudahkan akses keluar-masuk, pergerakan di dalam kabin, serta meningkatkan kenyamanan.

Baca juga: Cek Harga Toyota Voxy Bekas, Mulai Rp 300 Jutaan

Toyota All New VoxyTAM Toyota All New Voxy

Penumpang akan dibuat nyaman selama perjalanan dengan konfigurasi kursi yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Bahkan jarak antar penumpang di baris kedua dibuat lebih lega.

Ketika kursi baris ketiga dilipat, jok baris kedua bisa dimundurkan sampai belakang. Bahkan bisa dijadikan kamar berjalan dengan merubahnya menjadi sofa ketika jok baris kedua direbahkan dan disatukan dengan kursi baris ketiga.

Sayangnya, pada generasi keempat fitur sunroof sudah absen. Namun sebagai pengganti, Voxy memiliki fitur yang makin berlimpah, seperti New Comprehensive 7 inci TFT LCD MID dengan Head-Up Display, head unit 9 inci yang terkoneksi Marvelous 11.6” Roof Rear Seat Entertainment (RSE), wireless charger dan 6 USB port, hingga New Pleasant Air Purifier.

Toyota All New VoxyTAM Toyota All New Voxy

Dua inovasi baru juga disematkan, yakni Dual Sliding Door with New Kick Sensor serta New Dashing Power Back Door with Side Button. Fitur Kick Sensor memberikan kemudahan membuka sliding door saat membawa barang bawaan.

Sementara fitur Side Button memungkinkan pengguna membuka bagasi dari samping saat berada di area yang sempit. Fitur ini diklaim yang pertama di dunia lantaran bisa menyesuaikan bukaannya ketika berada di area sempit.

Pengendara juga dimanjakan melalui Seamless Steering Switch yang kini sudah dilengkapi TSS button. Teknologi keselatan generasi baru Voxy ini terdiri dari empat fitur yakni, Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

Ada beberapa hal baru pada TSS 3.0. Pertama jarak deteksi ke depan yang lebih luas, baik atas-bawah dan kiri-kanan. Selain itu, deteksi ke depan juga bisa dilakukan untuk obyek bergerak yang lebih luas, bahkan dengan jarak yang lebih dekat.

Baca juga: Tempuh 142 Km, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Xenia 1.5 R CVT?

Kedua improvement ini masuk ke dalam aspek teknis pada radar. Sementara pada LTA, terdapat peningkatan teknologi deteksi yang kini menggunakan 3D Recognition, sehingga lebih banyak obyek yang dapat terdeteksi seperti mobil yang sedang parkir, pembatas jalan, hingga garis dan marka jalan.

Toyota All New VoxyTAM Toyota All New Voxy

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com