Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor Asal Selonong Keluar Gang, Kebiasaan Sulit Diubah

Kompas.com - 17/02/2022, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bahaya yang ada di jalan memang bisa datang dari mana saja. Salah satu bahaya yang sering muncul adalah pengendara motor yang kerap asal selonong keluar dari gang.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam indonesia di Instagram, terlihat seorang pengendara motor yang selonong keluar dari gang. Beruntung mobil perekam melihatnya dan segera melakukan manuver ke kanan.

Selain pengendara yang asal selonong keluar dari gang, dia juga tidak mengenakan helm. Nampaknya kejadian seperti ini kerap terjadi dan sebenarnya membahayakan dirinya sendiri.

Baca juga: Hindari Begal, Sering Naik Motor Malam Pastikan Motor Sehat

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, contoh pengendara seperti di video tadi memang masih banyak ditemui di jalan. Penyebabnya bisa jadi karena memang sudah menjadi kebiasaan.

“Mungkin karena pengendara teersebut telah terbiasa dengan cara berkendara seperti itu. Padahal seharusnya ketika keluar dari pertigaan jalan raya, sebaiknya berhenti sejenak untuk melihat kondisi jalan,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Selain itu, mengenai pengendara yang tidak memakai helm, Agus cuma bilang kalau hal tersebut sudah menjadi kebiasaan sebagian pengendara di Indonesia. Mereka kurang paham dan tidak peduli dengan keselamatannya.

Baca juga: Ban Mobil Lepas Saat Melintas di Bahu Jalan Tol Cipali

Menurut Agus, untuk mengubah dua kebiasaan tadi sudah sulit untuk dilakukan. Namun, jika pengendara tadi mendapatkan edukasi mengenai keselamatan dan memahaminya, baru bisa diubah kebiasaannya.

“Mengubahnya bisa saja dengan edukasi kepada pengendara dan ada kemauan untuk mengubah kebiasaan tersebut,” kata Agus.

Untuk saat ini, karena masih cukup sering orang yang asal selonong dari gang, lebih baik sebagai pengendara harus lebih hati-hati. Lebih baik mengurangi kecepatan daripada menabrak orang yang keluar gang sembarangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com