Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Menyalakan AC Saat Kondisi Mesin Mobil Mati

Kompas.com - 16/02/2022, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin udara atau air conditioner (AC) pada mobil merupakan salah satu bagian yang cukup penting untuk menunjang kenyamanan berkendara. Untuk itu, penting juga mengetahui cara pengoperasian dan merawatnya.

AC pada mobil tidak hanya dapat menyejukkan kabin saja. AC juga berfungsi untuk mengusir embun di kabin ketika berkendara dalam kondisi hujan.

Baca juga: Cara Gampang Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

Pada umumnya, AC dinyalakan saat kondisi mesin mobil juga hidup. Urutannya adalah menyalakan mesin dulu, baru kemudian menyalakan AC.

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Sebab, untuk menyalakan AC butuh tenaga listrik yang besar. Namun, tidak sedikit pemilik mobil yang membiarkan posisi AC dalam posisi menyala saat kondisi mesin mati.

Kelvin Ong, Business Development Rotary Bintaro, menjelaskan, menyalakan AC dalam kondisi mesin mati tidak akan berpengaruh terhadap kompresor. Namun, akan berdampak pada komponen lainnya di luar komponen AC, seperti sumber arus listrik, yaitu aki dan alternator.

Baca juga: Ciri-ciri Komponen AC Mobil Harus Diganti

“Ketika mobil mau dinyalakan butuh tenaga yang cukup tinggi. Jika AC dalam posisi menyala maka daya ke magnet kompresor menjadi lebih besar,” ujar Kelvin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

AC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap.KompasOtomotif-Donny Apriliananda AC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, menyalakan AC dalam kondisi mesin mobil mati akan menyedot arus dari akumulator.

“Tetapi, jika kondisi mesin mati menyalakan AC itu hanya anginnya saja atau blower-nya saja,” kata Didi.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Menurut Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha, menyalakan AC dalam kondisi mesin mati akan berdampak dalam jangka panjang.

“Pasalnya banyak komponen penting yang terdapat pada AC, seperti kompresor, kondensor, hingga evaporator,” ujar Sapta.

Sapta menambahkan, dampaknya adalah kinerja AC tidak akan maksimal. Dia juga menyarankan untuk menyalakan AC jika mesin sudah dihidupkan, agar komponen-komponen penting pada AC jadi lebih awet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com