Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk-produk Lokal yang Menjadi Sponsor di MotoGP

Kompas.com - 12/02/2022, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP merupakan ajang balap sepeda motor tingkat dunia. Banyak perusahaan dari berbagai negara yang berlomba-lomba untuk menjadi sponsor tim yang ada di ajang balap paling bergengsi tersebut.

Beberapa di antaranya ada juga produk-produk lokal yang berhasil menembus dunia internasional dengan menjadi sponsor tim atau pebalap, mulai dari pabrikan motor, helm, oli, suku cadang, dan lainnya.

Baca juga: Pol Espargaro Tercepat di Tes MotoGP Mandalika Hari Pertama

Berikut ini beberapa produk lokal yang menjadi sponsor di MotoGP:

1. Satu Hati
PT Astra Honda Motor (AHM) sudah cukup lama mendukung tim pabrikan Repsol Honda Team dengan kampanye 'Satu Hati/One Heart'. Logo tersebut tidak hanya terlihat pada fairing RC213V, tapi juga pada baju balap Marc Marquez dan Pol Espargaro.

Livery Repsol Honda Team untuk MotoGP 2022Dok. HRC Livery Repsol Honda Team untuk MotoGP 2022

2. Semakin Di Depan
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan slogan 'Semakin Di Depan' juga sudah lama mensponsori tim pabrikan Yamaha di MotoGP. Slogan tersebut awalnya ada di fairing dan baju balap. Sekarang, slogan tersebut hanya dapat dilihat pada baju balap Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli di bagian perut.

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP 2022Dok. Yamaha MotoGP Tim Monster Energy Yamaha MotoGP 2022

3. Federal Oil
PT Federal Karyatama dengan produknya Federal Oil sudah satu dekade lebih menjalin kerjasama dengan Gresini Racing. Kerjasama tersebut dimulai dari Moto2 sebagai sponsor utama dan musim ini naik ke MotoGP.

Baca juga: Impresi Sandiaga Uno Naik Motor MotoGP Gresini Racing

4. Aspira
PT Astra Otoparts Tbk. yang memegang merek Aspira, suku cadang motor dan mobil, memiliki visi yang sama dengan Federal Oil. Keduanya juga sudah menjalin kerjasama cukup lama dengan Gresini Racing.

Pebalap Gresini Racing, Enea Bastianini, saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, MalaysiaDok. Gresini Racing Pebalap Gresini Racing, Enea Bastianini, saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia

5. Antangin
Deltomed yang memproduksi Antangin juga menjadi sponsor untuk tim Gresini Racing. Produk herbal ini sudah mendukung Gresini Racing sejak masih di Moto2, sama seperti Federal Oil dan Aspira.

6. Bold Riders
Bold Riders merupakan komunitas yang dibentuk oleh Bold Xperience, salah satu merek dari Djarum Group. Bold Riders juga menjadi sponsor tim Gresini Racing.

Enea Bastianini saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)AHMAD FADALI Enea Bastianini saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)

7. Wonderful Indonesia
Wonderful Indonesia merupakan salah satu bentuk promosi Indonesia yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Belum lama ini, Kemenparekraf menunjuk Gresini Racing sebagai duta Indonesia di MotoGP.

8. KYT
Helm lokal pertama yang dipakai oleh pebalap MotoGP adalah KYT yang diproduksi oleh PT Tarakusuma Indah. Helm ini pertama kali digunakan oleh Andrea Iannone. Selanjutnya, Aleix Espargaro juga percaya pada kualitasnya. Musim ini, Enea Bastianini pun mulai mengenakan KYT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com