Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan Perintis dan KSPN di Ponorogo Kembali Beroperasi

Kompas.com - 10/02/2022, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berhenti beroperasi selama kurang lebih satu bulan, Perum DAMRI kembali mengoperasikan trayek Angkutan Perintis dan Angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Ponorogo, Jawa Timur per Februari 2022.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri mengatakan, pengoperasian kembali rute tersebut adalah bentuk komitmen DAMRI dalam menjalankan fungsi “agent of development” sekaligus dukungan penuh terhadap program KSPN di Indonesia.

Angkutan Perintis DAMRI di Ponorogo terdiri dari enam rute, ada yang dari Terminal Purbaya (Madiun) dan Terminal Seloaji (Ponorogo). Tarif yang diberlakukan mulai Rp 6.000 sampai Rp 13.000 dengan jam operasional pukul 06.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Baca juga: DAMRI Sediakan Layanan Transportasi di Danau Toba, Tarif Mulai Rp 10.000

Protokol kesehatan naik DAMRIDOK. DAMRI Protokol kesehatan naik DAMRI

Sedangkan untuk angkutan KSPN, DAMRI memiliki dua rute, yakni dari Terminal Caruban sampai Telaga Ngebel dan dari Stasiun Madiun sampai Pantai Klayar. Tarif tiketnya pun mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000.

Pemesanan tiket bisa dilakukan dengan memakai aplikasi DAMRI Apps selambatnya 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Pembayarannya dapat dilakukan dengan menggunakan platform digital yang ada, seperti OVO, LinkAja, Traveloka, GoPay, RedBus, ShopeePay, Mandiri, dan gerai Alfamart maupun Indomaret di seluruh Indonesia.

Selain itu bisa juga dengan mendatangi loket keberangkatan.

Baca juga: Ini Daftar Mobil yang Dapat Diskon PPnBM 2022

Perjalanan DAMRI Perintis menggunakan armada jenis bus medium dengan kapasitas 19 tempat duduk, sedangkan layanan KSPN menggunakan bus dengan kapasitas 14 tempat duduk.

“Kami tetap melaksanakan protokol kesehatan selama perjalanan, dengan memakai masker, menjaga jarak, tidak berbicara, menggunakan hand sanitizer, serta tidak makan dan minum sepanjang perjalanan sesuai dengan prinsip DAMRI 5K, yaitu Keselamatan, Kesehatan, Keamanan, Ketepatan, dan Kenyamanan pelanggan dan pramudi,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (9/2/2022).

Protokol kesehatan naik DAMRIDOK. DAMRI Protokol kesehatan naik DAMRI

“Dalam hal ini khususnya angkutan perintis diharapkan dapat terus terlaksana sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan 3TP (Tertinggal, Terdepan, Terluar, dan Perbatasan)," kata dia.

"Kemudian untuk Angkutan KSPN diharapkan dapat meningkatkan kemajuan pada sektor pariwisata guna menarik lebih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat,” kata Siti.

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan DAMRI pelanggan dapat menghubungi Call Center Halo DAMRI 1500 825, email cs@damri.co.id, atau media sosial DamriIndonesia.

Berikut ini daftar rute DAMRI Perintis dan KSPN di Ponorogo beserta tarifnya:

Angkutan Perintis:
1. Terminal Purbaya (Madiun) – Nongko Ijo – Pasar Gosong Baru, tarif Rp 9.000
2. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Pohijo – Terminal Plaosan (Magetan), tarif Rp 11.000
3. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Terminal Gayatri (Tulungagung), tarif Rp 13.000
4. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Terminal Jeruk (Pacitan), tarif Rp 9.000
5. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Telaga Sarangan, tarif Rp 10.000
6. Terminal Seloaji (Ponorogo) – Telaga Ngebel, tarif Rp 6.000.

Angkutan KSPN:
1. Terminal Caruban – Stasiun Caruban – Kawasan Perkantoran Kabupaten Madiun – Stasiun Madiun – Pahlawan Street Center (PSC) – Alun-alun Kota Madiun – Tugu Titik Nol Kota Madiun – Hotel Aston Kota Madiun – Pagotan – Dolopo – Slambur – Mlilir – DAMRI Ponorogo – Mall PCC – Pasar Pon – Telaga Ngebel, tarif Rp 15.000

2. Stasiun Madiun – Stasiun Magetan – Desa Temboro – Terminal Maospati – Gorang GareNG - Mall PCC – DAMRI Ponorogo – Tegalombo – Arjosari – Terminal Pacitan – Cuwik – Terminal Punung – Goa Gong – Pantai Klayar, Rp 25.000.
Jadwal operasional setiap hari mulai pukul 04.30 WIB hingga 15.00 WIB.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com