Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Cabut Kebijakan CFN Jakarta

Kompas.com - 09/02/2022, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya menghentikan pemberlakuan crowd free night (CFN) di sejumlah kawasan di DKI Jakarta.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. Ia mengatakan, kebijakan CFN yang berlaku sejak 5 Februari 2022 di 10 titik kini ditiadakan.

“Pemberlakuan CFN yang mulai berlaku 5 Februari lalu, mulai hari ini kegiatan itu kami tiadakan terhadap 10 titik yang ditentukan,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, dikutip dari Megapolitan Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

Baca juga: Jakarta PPKM Level 3, Ini Jalan yang Terapkan Crowd Free Night

Sebelumnya, kebijakan CFN diterapkan secara berkala di Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Asia Afrika, Jalan Gunawarman-Senopati, dan Kawasan SCBD, serta Medan Merdeka.

Selain itu CFN juga diterapkan di kawasan Kemang, Pantai Indah Kapuk (PIK), Kota Tua, Danau Sunter, serta Kanal Banjir Timur.

Petugas gabungan menutup akses jalan menuju Bundaran Hotel Indonesia dari Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (31/12/2021). Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian mobilitas Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam tahun baru 2022 yang berlangsung mulai pukul 22.00 - 04.00 WIB.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Petugas gabungan menutup akses jalan menuju Bundaran Hotel Indonesia dari Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (31/12/2021). Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian mobilitas Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam tahun baru 2022 yang berlangsung mulai pukul 22.00 - 04.00 WIB.

Sebagai gantinya, petugas kepolisian hanya akan melakukan patroli dan memberikan sosialisasi disiplin terkait protokol kesehatan (prokes).

“Kami tiadakan CFN di 10 titik yang ditentukan. Tapi Polda Metro Jaya tetap melakukan patroli dan edukasi ke masyarakat terkait pentingnya protokol kesehatan,” kata Zulpan.

Baca juga: Pertimbangan Pemerintah Perpanjang Insentif PPnBM di Sektor Otomotif

Zulpan melanjutkan, langkah tersebut diambil karena Polda Metro Jaya merasa bahwa masyarakat sudah lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Hal ini tentu kita lakukan mengingat bahwa masyarakat sudah mulai disiplin. Sehingga kami lakukan langkah lebih soft lagi dengan mengingatkan, dengan patroli dan edukasi ke masyarakat agar tidak melakukan kerumunan,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com