Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai 5 Tahun, Berapa Biaya Perawatan All New Avanza?

Kompas.com - 08/02/2022, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain desain, performa, serta efisiensi, biaya perawatan kendaraan juga menjadi salah satu faktor yang wajib diketahui sebelum memutuskan membeli mobil.

Dengan adanya patokan tersebut, paling tidak bisa menjadi pegangan estimasi terkait berapa biaya yang harus disisihkan untuk servis berkala.

Nah, bagi yang tertarik meminang All New Avanza, juga harga mengetahui berapa dana yang akan dihabiskan untuk perawatan. Standarnya sampai servis berkala 5 tahun atau hingga kilometer menyentuh 100.000.

Baca juga: Bedah Fitur TSS All New Avanza yang Masih Tanggung

Berdasarkan informasi, ternyata ongkos perawatan Avanza relatif ramah kantong. Hal tersebut karena Toyota memberikan paket kemudahan berupa gratis jasa dan spare parts hingga servis berkala keenam saat mobil menyentuh 50.000 km atau  dengan ketentuan maksimal sampai 4 tahun pemakaian, mana yang tercapai lebih dulu.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Hal ini tentu menjadi nilai tambah sekaligus keuntungan bagi konsumen. Ibaratnya, mulai pemakian 1.000 km sampai 50.000 km, baik untuk Avanza CVT atau manual, pemilik hanya perlu mengisi bahan bakar saja.

Namun selanjutnya, biaya perawatan dan pergantian suku cadang sudah mulai dibebani ke konsumen.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Transmisi Manual Lebih Irit BBM?

 

Untuk All New Avanza CVT yang redaksi jajal, ketika masuk ke usia perawatan ketujuh atau setelah mobil menyentuh usia empat tahun, konsumen harus mengeluarkan dana sebesar Rp 1.305.000.

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Sayangnya, tak ada informasi detail soal suku cadang apa saja yang diganti. Namun yang pasti, untuk perawatan berkala biasanya didominasi part fast moving, seperti oli mesin, filter dan sebagainya.

Perawatan selanjutnya, pada servis berkala kedelapan atau 70.000 km, ongkos yang harus disiapkan sebesar Rp 1.165.700, dan naik pada perawatan 80.000 km, yakni Rp 2.483.300.

Baca juga: Kupas Transformasi Desain All New Xenia

Ketika mencapai jarak tempuh 90.000 km, dana yang harus disiapkan kurang lebih sebesar Rp 1.165.700 atau sama dengan perawatan di 70.000 km.

Terakhir, saat melakukan servis ke-11 atau 100.000 km dengan estimasi usia pemakaian kelima tahun, dana yang harus dikeluarkan pemilik mencapai Rp 2.294.000.

All New AvanzaKOMPAS.com/ADITYO WISNU All New Avanza

Dengan demikian, untuk perwatan berkala hingga 5 tahun pemakaian, total dana yang harus dikeluarkan pemilik All New Avanza kurang lebih sebesar Rp 8.413.700. Tapi harus diingat, rincian biaya bisa berubah sewaktu-waktu bila ada penyesuaian harga komponen dan lain sebaginya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com