Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Warna Lampu Indikator pada Dasbor Mobil

Kompas.com - 08/02/2022, 12:02 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, ada tiga warna lampu indikator yang dapat muncul pada dasbor mobil saat ada komponen mobil yang sedang bekerja atau mengalami gangguan.

Lampu indikator ini sangat penting, berfungsi untuk menginformasikan kepada pemilik mobil tentang apa yang sedang terjadi pada komponen mesin.

Disitat buku Pengenalan Bodi Otomotif karya Buntarto, dijelaskan bahwa jangan sampai mengabaikan lampu indikator. Karena dapat berakibat fatal jika ditinggalkan.

Baca juga: Lampu Indikator Oli Menyala Saat Mobil Melaju, Segera Lakukan Ini

Tiga warna yang umumnya muncul pada lampu indikator ini adalah hijau, kuning dan merah, dengan skala prioritas yang berbeda-beda tiap warnanya.

Indikator sabuk pengaman dan sistem pengereman.wikimedia.org Indikator sabuk pengaman dan sistem pengereman.

1. Hijau

Warna ini mengindikasikan bahwa ada komponen mobil ada yang sedang digunakan. Disitat Driver Knowledge, warna hijau tidak mengindikasikan adanya kerusakan komponen mesin, namun hanya menginformasikan bahwa ada fitur yang sedang aktif saat itu.

Misalnya, indikator bahwa lampu jauh sedang menyala, atau indikator saat mobil berada dalam mode ECO.

2. Kuning

Warna kuning pada indikator dasbor umumnya berupa peringatan, atau menginformasikan bahwa ada komponen yang harus dicek atau bahwa pengemudi harus waspada.

Contohnya, indikator tekanan ban, indikator bensin dan indikator engine check.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik di Jalan Menanjak

3. Merah

Jika ada warna ini pada indikator dasbor, maka ada suatu masalah yang butuh perhatian khusus dari pemilik mobil. Dalam beberapa kasus, warna ini mengindikasikan bahwa mobil tidak aman untuk dikendarai.

Umumnya, indikator yang ditandai dengan warna merah adalah indikator penanda bahwa kap mesin depan atau bagasi belum tertutup dengan baik, indikator sabuk pengaman yang belum terpasang dengan baik, indikator air bag, indikator rem dan indikator temperatur mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com