Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Keuntungan Pakai Mobil Berpenggerak 4WD

Kompas.com - 02/02/2022, 12:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa jenis sistem penggerak roda yang banyak digunakan pada mobil saat ini. Salah satu sistem penggerak yang terkenal tangguh ialah four wheel drive atau 4WD.

Serupa dengan sistem penggerak all wheel drive (AWD), 4WD tangguh karena roda mendapatkan distribusi tenaga yang sama sehingga traksi yang dihasilkan roda lebih besar daripada mobil dengan sistem penggerak two wheel drive atau 2WD.

Namun, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, sistem penggerak AWD permanen untuk menggerakan keempat roda mobil.

Baca juga: Rumors Honda Siapkan CT150 Hunter Cub

"Pengemudi tidak bisa memilih hanya menyalurkan tenaga roda dua atau roda empat, karena sistemnya permanen untuk roda empat," kata Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dengan sistem penggerak 4WD, tenaga disalurkan ke empat roda mobil sekaligus. Namun di sisi lain, pengguna juga bisa mengatur aliran tenaga ke dua roda saja, sesuai dengan kebutuhan atau menyesuaikan dengan medan yang sedang dilalui.

Ini merupakan sebuah keunggulan yang tidak dimiliki oleh sistem penggerak roda yang lain.

"Mobil dengan sistem penggerak ini memungkinkan pengemudi untuk memilih penyaluran tenaga hanya ke roda dua atau langsung ke empat roda sekaligus," ucap Bambang.

Nissan All-New Np300 Navara high-grade (VL) saat peluncuran di Gandaria City, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Double cabin 4WD dengan desain modern di kelasnya ini dijual dengan harga Rp.380 juta hingga Rp. 430 juta on the road. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Nissan All-New Np300 Navara high-grade (VL) saat peluncuran di Gandaria City, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Double cabin 4WD dengan desain modern di kelasnya ini dijual dengan harga Rp.380 juta hingga Rp. 430 juta on the road. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Berkat traksi yang baik, pengemudi juga dapat mengontrol mobil dengan lebih mudah ketimbang mobil berpenggerak depan (front wheel drive atau FWD) dan belakang (rear wheel drive atau RWD).

Kendali setir juga terasa lebih baik, karena traksi yang kuat dan baik. Kemungkinan roda untuk mengalami selip sangatlah kecil.

Baca juga: Kenapa Aki Mobil Mesin Diesel dengan Bensin Berbeda?

Oleh karena itu, sistem penggerak jenis ini sering digunakan pada mobil-mobil yang dipakai untuk melalui medan tangguh atau offroad. Traksi yang baik membuat mobil lebih mudah melalui medan yang sulit seperti lumpur, jalan rusak dan bebatuan.

Selain itu, mobil dengan penggerak 4WD lebih kuat jika dipakai untuk menarik kendaraan lain. Berbeda dengan mobil berpenggerak dua roda, mobil 4WD lebih kuat karena torsinya besar dan dapat didistribusikan ke semua roda.

Tapi, mengendarai mobil dengan sistem penggerak 4WD juga ada kekurangannya. Paling utama adalah bahan bakar minyak yang relatif lebih boros ketimbang RWD atau FWD. Pasalnya, menggerakkan empat roda tentu butuh energi lebih besar ketimbang hanya dua roda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com