Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Truk Trailer di Amerika dan Eropa, Pakai Moncong

Kompas.com - 02/02/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTruk penarik trailer atau tractor head yang ada di Amerika dan Eropa ternyata punya satu perbedaan yang mencolok, yakni pada bagian bodinya.

Tractor head yang ada di Amerika, punya bagian depan yang biasa disebut dengan bonnet atau moncong. Sedangkan tactor head yang ada di Eropa tidak memilikinya.

Akun techxtreme di Instagram mengunggah video mengapa bentuk tractor head yang ada di Eropa dan Amerika berbeda, salah satunya karena regulasi.

Baca juga: Siasati Rem Blong, Asosiasi Bengkel Sebut Perlu Modifikasi Rem Truk

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tech Xtreme (@_techxtreme)

 

Truk trailer di Eropa punya regulasi panjang secara keseluruhan, sedangkan di Amerika, hanya menghitung panjang trailernya saja. Oleh karena itu, tractor head di Eropa tidak punya bonnet sehingga bisa dipasang dengan trailer yang lebih panjang.

Bentuk yang disebut dengan Cab over Engine ini punya beberapa keunggulan. Misalnya seperti visibilitas pengemudi yang lebih luas dan jarak sumbu roda yang pendek sehingga memudahkan manuver di daerah-daerah yang jalannya kecil.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Marka Chevron di Jalan Tol

Ilustrasi truk melaju di jalan raya.SHUTTERSTOCK/lassedesignen Ilustrasi truk melaju di jalan raya.

Sedangkan tactor head di Amerika biasa disebut dengan conventional layout di mana kabin berada di belakang mesin. Keunggulannya adalah kabin pengemudi yang lebih lega ditambah akses ke ruang mesin yang mudah.

Selain itu, karena posisi mesinnya yang ada di depan, ukurannya bisa lebih besar sehingga semakin bertenaga. Belum lagi model truk dengan kap mesin di depan lebih aerodinamis yang berefek pada konsumsi bahan bakar saat perjalanan jarak jauh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com