Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Hilangkan Baret pada Bodi Mobil

Kompas.com - 01/02/2022, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Goresan atau baret pada mobil tentu akan mengurangi nilai estetika dari kendaraan. Tak hanya itu, tampilan yang kurang enak dipandang juga bisa membuat percaya diri pengemudi berkurang.

Penyebab goresan pada mobil pun beragam, mulai dari cakaran kucing, gesekan ranting atau kenakalan anak-anak saat parkir di tempat terbuka.

Untuk mengatasinya, bisa membawa mobil ke bengkel terdekat. Namun, harga yang ditawarkan tentu bisa menguras kantong.

Baca juga: Viral, Pancing Kecoak di Kabin Mobil Pakai Mentega dan Minyak Goreng

Jika goresan tidak terlalu dalam dan banyak, pemilik kendaraan bisa menyamarkan atau menghilangkan baret pada cat mobil secara mandiri. Hal ini juga diungkapkan oleh CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian.

Waxing bodi mobilDR OTO Waxing bodi mobil

“Untuk goresan ringan bisa menggunakan kompon putih, lalu bisa juga dilanjutkan dengan poles jika masih terlihat. Ini dengan catatan lapisan cat pada bodi mobil tidak terangkat,” ucap Christopher saat dihubungi Kompas.com, Senin (31/1/2022).

Selain itu, ada juga anggapan yang mengatakan bahwa bisa menghilangkan baret pada bodi mobil dengan lotion anti nyamuk.

Caranya dengan mengoleskan lotion anti nyamuk pada bagian bodi mobil yang lecet. Tunggu sampai 15-20 detik, lalu lap lotion nyamuk menggunakan lap.

Baca juga: Cara Mencegah Agar Kucing Tak Nangkring di Atas Kap Mobil

Menurut Christopher hal tersebut memang bisa dilakukan, namun penggunaannya tidak disarankan karena berbahaya bagi mobil.

“Ini sifatnya darurat saja jika tidak ada kompon, dan sebenarnya cara ini tidak disarankan karena pada beberapa mobil dapat membuat cat buram dan bisa merusak cat,” kata Christopher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com