Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Malang Tutup 2 Ruas Jalan, Antisipasi Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 29/01/2022, 07:02 WIB
Arif Nugrahadi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Untuk mencegah persebaran covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur, Satlantas Polresta Malang Kota, Jawa Timur menerapkan pembatasan jam malam di Jalan Soekarno Hatta dan Trunojoyo mulai Rabu (26/1/2022).

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Malang Kota Iptu M Syaikhu mengatakan, penutupan dua titik jalan di Kota Malang itu berlaku pada malam hari mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB.

Baca juga: Telat Bayar Pajak Kendaraan Apakah Bisa Kena Tilang?

"Yang di Jalan Soekarno Hatta itu dimulai dari Perumahan Permata Jingga depannya sampai jembatan Universitas Brawijaya. Kemudian di Jalan Trunojoyo itu di sekitar stasiun Kota Malang, atau dari Pasar Klojen sampai yang jual helm-helm itu," kata Syaikhu seperti dikutip Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

Bagi pengguna jalan yang melanggar pembatasan mobilitas di kedua jalan tersebut tidak akan dikenakan tilang. Namun Satlantas Malang Kota akan memberikan peringatan berupa teguran.

Petugas melakukan penutupan jalan di Kota Bandung pada malam hari.ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung Petugas melakukan penutupan jalan di Kota Bandung pada malam hari.

Penutupan jalan ini dikecualikan bagi mobil ambulans, truk logistik, dan kendaraan lain dalam keadaan darurat.

Satlantas Malang masih belum dapat memastikan sampai kapan kebijakan penutupan jalan tersebut akan diterapkan.

Syaikhu berharap masyarakat dapat memahami situasi dan kondisi yang ada sehingga penutupan kedua jalan tersebut diharapkan dapat menekan angka penularan Covid-19. Terlebih saat ini varian Omicron sudah terdeteksi di Kota Malang.

Baca juga: Menaksir Harga Hyundai Ioniq 5 yang Akan Diproduksi Lokal

Kebijakan tersebut juga diterapkan lantaran masih ada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dengan berkerumun. Dengan adanya penutupan jalan, diharapkan mobilitas masyarakat dapat berkurang sehingga mengurangi kerumunan.

"Arus kendaraan juga meningkat dan terjadi kepadatan di ruas jalan itu. Diharapkan dengan penutupan kedua jalan itu di malam hari, membatasi akses kendaraan yang lewat sehingga intensitas orang-orang berpergian dapat berkurang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com