Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Restorasi Suzuki Jimny Caribian, Mulai Rp 200 Jutaan

Kompas.com - 25/01/2022, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Jimny merupakan mobil hobi yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. SUV kompak milik Suzuki ini relatif banyak berkeliaran di tanah air, khususnya generasi kedua dengan kode bodi SJ410 yang tenar di era 1980-1990.

Dengan harga Jimny generasi kedua yang relatif terjangkau, banyak pemilik yang melakukan restorasi dan modifikasi dengan ragam aliran.

Meskipun jika sudah masuk ke ranah restorasi dan modifikasi, biaya yang dikeluarkan bisa sampai menembus angka ekonomis.

Baca juga: Bikin Tongkrongan Suzuki Jimny Makin Jangkung

Seperti contoh bagi konsumen yang ingin melakukan restorasi Jimny Caribian. Biaya restorasi mobil ikonik dari Suzuki ini ternyata tembus angka ratusan juta rupiah.

“Pemilik Jimny Caribian itu jarang, tak seperti Katana dan Sierra. Mobil ini sangat populer dan jadi yang termahal yang ada di pasaran,” ucap Dennis Emmanuel, pemilik dari bengkel spesialis modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4x4, Senin (24/1/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dennis Emmanuel (@mmc_4x4)

Dennis melanjutkan, bagi konsumen yang ingin merestorasi Jimny Caribian harus rela merogoh kocek ratusan juta rupiah.

“Harga Caribian bahan (untuk restorasi) umumnya berkisar Rp 200 jutaan,” kata Dennis.

Sementara untuk proses restorasi juga menggunakan suku cadang asli dari Suzuki itu sendiri. Jika ingin pakai produk aftermarket juga ada, jadi konsumen tidak perlu khawatir proses restorasi tidak maksimal hasilnya.

“Parts OEM untuk Jimny relatif masih banyak tersedia. Parts aftermarket sebenarnya pun banyak, tapi jarang ada yang impor ke Indonesia, jadi kita banyak juga bikin custom parts,” kata dia.

Baca juga: Biaya Restorasi Jimny Lawas, Mulai Rp 50 Juta

Sebagai informasi, Suzuki Caribian pertama kali dikenalkan tahun 2004, dengan kode SJ413. Mobil ini langsung didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand.

Caribian masih masuk ke dalam generasi kedua. Tak heran jika detail eksterior dan interior masih sama dengan Jimny sebelumnya yakni SJ410. Hanya saja untuk konfigurasi bodi memiliki ciri khas berbentuk pick-up sasis panjang dan extra-cab serta sektor mesinnya berkapasitas lebih besar.

Sayangnya penjualan Caribian termasuk cukup singkat, yakni dari tahun 2005 hingga 2007 saja. Selain itu, Caribian sekaligus menjadi penutup dari Jimny SJ-Series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com