Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Oli Full Sintetik untuk Sepeda Motor

Kompas.com - 25/01/2022, 15:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu bentuk perawatan sepeda motor yang paling penting adalah pergantian oli.  Saat ganti pelumas, pengguna motor harian juga harus tahu cara menentukan kualitas oli agar mesin tahan lama dan performanya tetap terjaga.

PT Surganya Motor Indonesia saat ini berinovasi untuk menjadikan oli X-TEN sebagai oli tahan lama. Caranya dengan memakai ester sebagai bahan dasar yang akan membuat tarikan entengnya tahan lama, olinya tahan lama dan juga melindungi mesin tahan lama.

Baca juga: Tips Anti Mundur Saat Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Kadiv Product and Service Development PT Surganya Motor Indonesia Wisnu Satriya mengatakan, oli X-TEN dengan kandungan ester akan mencegah komponen mesin motor dan mobil dari kerusakan. Sehingga usia pakai komponen di mesin lebih lama.

“Kandungan ester yang terdapat pada oli X-TEN akan membersihkan sisa karbon yang menempel pada mesin. Karena oli X-TEN mampu mengikis habis sisa-sisa karbon tersebut dan efeknya tentu membuat tarikan mesin motor Anda akan enteng kembali,” kata Wisnu dalam keterangannya, Selasa (25/1/2022).

Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.X-Ten Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.

Selain itu, X-TEN juga berfungsi membentuk lapisan pelindung pada mesin. Sehingga mesin motor dapat tahan terhadap panas dan membuat lebih hemat bahan bakar.

“Ester memiliki banyak sekali kelebihan dibanding bahan baku oli mineral atau full sintetik lain. Ester membuat mesin lebih tahan panas membentuk lapisan pelindung mesin yang membuat mesin tahan lama dan berpengaruh terhadap kehematan bahan bakar,” ujar Wisnu.

Wisnu menjelaskan, dengan formula ester di dalam olinya setelah diuji coba di laboratorium independen terkemuka, oli X-TEN untuk motor bisa digunakan sampai 5,000 km, sedangkan untuk mobil bisa mencapai 15,000 km tanpa mengurangi kualitas oli tersebut.

Baca juga: Apa Efek Sering Injak Rem Saat Kondisi Jalan Macet?

“Sudah diuji dan mendapat sertifikasi. Daya tahannya bisa 5,000 dan 15,000 KM, berdasarkan pengujian endurance,” katanya.

Mengenai kualitas dan keamanannya Oli X-TEN, Wisnu menjamin bahwa oli produksi PT Surganya Motor Indonesia ini aman digunakan dan mutunya juga sudah mendapatkan sertifikasi dari SNI dan JASO.

“Kami sudah memiliki sertifikat SNI dan JASO, sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi,” cetusnya.

Bahkan untuk pengguna motor big matic, X-TEN juga berinovasi dengan mengeluarkan oli X-TEN khusus untuk motor matic 150 cc, yakni X-TEN Double Ester Matic.

“Dengan oli ini, dipastikan tarikan motor matik Anda akan lebih enteng,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com