Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengeluarkan Anggota Tubuh Saat Mobil Melaju Sangat Berbahaya

Kompas.com - 25/01/2022, 08:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini ramai pembicaraan mengenai konvoi mobil mewah di Jalan Tol Andara, Minggu (23/1/2022). Banyak dibicarakan karena diunggah akun Instagram NTMC Polda Metro Jaya.

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Polda Metro Jaya Kompol Sutikno menjelaskan kepada media kalau rombongan tersebut melakukan dokumentasi yang berimbas lalu lintas di belakangnya terhambat.

"Jadi, yang terekam di kamera CCTV itu mobil memenuhi jalan, sambil mobil yang paling depan ada yang mendokumentasikan. Sebab, ada yang membuka mobil dan mengambil gambar. Kan tidak boleh di tol itu mengeluarkan anggota badan," katanya kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Konvoi Mobil di Tol Andara, Ini Kronologis Lengkapnya Menurut Polisi

Konvoi mobil mewah di Tol Andara yang menyebabkan lalu lintas terhambatDok. Polda Metro Jaya Konvoi mobil mewah di Tol Andara yang menyebabkan lalu lintas terhambat

Pada gambar dari CCTV yang redaksi terima juga terlihat beberapa mobil di depan rombongan yang bertugas mengambil gambar. Penumpang pada kendaraan tersebut nampak mengeluarkan anggota tubuh dari kaca samping, sun roof, bahkan membuka bagasi belakang.

Menanggapi kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada bahaya dari mengeluarkan anggota tubuh pada mobil yang bergerak dan bisa membahayakan dirinya sendiri.

“Kan semua penumpang wajib menggunakan safety belt dan duduk dengan posisi sempurna. Kalau dia mengeluarkan anggota tubuh, bisa terpeleset, terjepit, atau terjatuh,” kata Sony kepada Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Cara Cegah Mobil Alami Rem Blong, Hindari Kebiasaan Ini

Jadi untuk orang yang mengeluarkan anggota tubuhnya ketika mobil berjalan, jangan merasa aman kalau aksinya itu membahayakan. Jangan sampai kejadian kecelakaan dulu baru sadar kalau hal tersebut berbahaya.

“Club otomotif sudah seharusnya paham akan hal itu sehingga tidak membuat kebodohan di tempat umum. Selain itu juga bisa menghambat bahkan membahayakan,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com