Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Sopir Truk yang Menyebabkan Kecelakaan Beruntun Balikpapan

Kompas.com - 22/01/2022, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur telah mengamankan pengemudi atau sopir truk tronton yang menyebabkan kecelakaan beruntun di kawasan Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022).

Menurut keterangannya, pengemudi terkait yang bernama Muhammad Ali selamat meski mencelakai hingga 21 orang akibat tak dapat kendalikan kendaraan bertonase besar yang dikendarainya.

Disebutkan bahwa kala itu, Ali ingin membawa muatan kapur ke kawasan Kampung Baru Kalimantan Barat. Ia memutuskan untuk lewat jalur terkait karena biasa dilaluinya.

Baca juga: Minim Sopir Berkualitas, Penyebab Truk Sering Kecelakaan

Kemacetan di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, imbas kecelakaan truk di Cilincing, Jumat (21/1/2022).Instagram/@jktinfo Kemacetan di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, imbas kecelakaan truk di Cilincing, Jumat (21/1/2022).

"Terus lewat situ dan sudah ganti gigi, tapi ternyata rem blong," kata Ali dalam keterangan kepolisian, Jumat.

Saat kali pertama kejadian, yang ia ingat ialah menabrak sepeda motor. Kemudian truk tak kunjung dapat dikendalikannya hingga total terdapat 10 kendaraan yang diseruduk truk Ali.

Rinciannya, empat sepeda motor, dua mobil pribadi, dua angkutan umum, dan dua mobil pikap.

"Seingat saya yang pertama kali tertabrak itu motor," katanya.

Dari kecelakaan itu, empat orang tewas dan satu orang kritis. Sedangkan, 21 orang lainnya mengalami luka berat dan ringan.

Dalam kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Yusuf Sutejo menyatakan bahwa awalnya tercatat bila lima nyawa yang meninggal setelah dilakukan pihak pemeriksaan pukul 11.54 WITA.

Baca juga: Polri Sebut Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan karena Rem Blong

Namun, kemudian kepolisian meralatnya menjadi korban meninggal berjumlah empat orang dan satu kritis.

Adapun kronologis kecelakaan bermula dari truk tronton bermuatan kontainer 20 kaki yang mengangkut kapur pembersih air bergerak menuju Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Truk bernomor polisi KT-8534-AJ itu dikendarai MA (48). Begitu tiba di depan Rajawali Foto, sang sopir mulai mengurangi persneling dari empat ke tiga.

Saat berada di depan Bank Mandiri, persis jalan turunan simpang Muara Rapak, rem truk sebesar 20 ton itu diduga blong alias tak berfungsi.

Akibatnya, truk tersebut meluncur dan menabrak pengendara yang sedang berhenti mengantre menunggu pergantian lampu merah di traffic light Muara Rapak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com