Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Agya Tertusuk Pagar Pembatas Jalan, Ingat Fungsi Penting Crash Cushion | Penonton MotoGP di Mandalika Tidak Akan Becek-becekan Dengan Lumpur

Kompas.com - 19/01/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Satu unit mobil mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Wonosobo- Banjarnegara, tepatnya di Desa Gembongan, Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Senin (17/1/2022).

Dalam unggahan akun Instagram @banjarnegaraterkini, Senin, terlihat mobil Toyota Agya berkelir putih menabrak ujung pagar pembatas di tepi jalan. Akibatnya, mobil tertusuk pagar hingga ujung pagar menembus bagian belakang mobil.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Pengemudi yang sendirian di dalam mobil hanya mengalami luka ringan.

Selain itu, jelang MotoGP Indonesia 2022, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sudah mulai dilakukan penyempurnaan.

Banyak kekurangan yang ada pada penyelenggaraan World Superbike (WorldSBK) mulai diperbaiki. Salah satu yang banyak dikeluhkan dari penonton final WorldSBK 2021 adalah pada saat hujan.

Banyak genangan air yang muncul di area tribun atau area penonton. Parahnya lagi, tribun masih dibangun di atas tanah merah. Permukaannya belum dilapisi dengan beton atau konblok. Sehingga, ketika hujan deras, muncul lumpur di beberapa titik.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Selasa (18/12/2021):

1. Agya Tertusuk Pagar Pembatas Jalan, Ingat Fungsi Penting Crash Cushion

Ilustrasi crash cushion pada ujung pagar pengaman jalan di Tol Solo-Ngawi. Ilustrasi crash cushion pada ujung pagar pengaman jalan di Tol Solo-Ngawi.

Kecelakaan hingga membuat kendaraan dalam posisi seperti disate pagar pembatas jalan disebabkan belum adanya instalasi crash cushion alias peredam tumbuk di tiap ujung pagar pembatas.

Crash cushion sendiri kerap terlihat di pagar pembatas jalan baik tol maupun jalan arteri yang dinilai rawan kecelakaan. Bentuknya berupa perangkat tumpul yang diberi warna kuning terang.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan menjelaskan, KNKT merekomendasikan penggunaan crash cushion di jalanan Indonesia dilatarbelakangi kasus kecelakaan mobil saat Lebaran 2018 di Ruas Tol Solo-Ngawi.

Baca juga: Agar Tak Tertipu, Tips Aman Beli Pelek Mobil Bekas

2. Penonton MotoGP di Mandalika Tidak Akan Becek-becekan Dengan Lumpur

 

Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.Kompas.com/Donny Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo juga melakukan kunjungan ke Sirkuit Mandalika. Bukan hanya kunjungan biasa, dia juga menggelar Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Persiapan Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022.

Banyak aspek yang dievaluasi dalam rapat tersebut. Tapi, Jokowi juga menyoroti kesiapan Sirkuit Mandalika. Khususnya, pembenahan fasilitas dan infrastruktur di dalam sirkuit agar dipercepat.

"Yang kemarin masih kelihatan agak bermasalah, meskipun ini sudah dikerjakan juga, sistem drainase yang menampung kalau ada curah hujan yang tinggi. Ini juga hati-hati. Jangan nanti ada alasan karena curah hujannya ekstrem, berarti enggak siap sistem drainase kita," ujar Jokowi.

Baca juga: Penonton MotoGP di Mandalika Tidak Akan Becek-becekan Dengan Lumpur

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com