Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton MotoGP Mandalika 2022 Akan Dikarantina dengan Skema Bubble

Kompas.com - 18/01/2022, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap motor MotoGP 2022 digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret mendatang.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Suharyanto mengatakan, bagi masyarakat yang akan menonton pergelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, bakal dikarantina dengan penerapan sistem gelembung (skema bubble).

“MotoGP akan dilaksanakan di Lombok. Nantinya kalau itu dilaksanakan, ada sistem bubble,” ucap Suharyanto disitat dari Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Sebelum Ganti Pelek Mobil, Pahami Dulu Hal Ini

Suharyanto menjelaskan, nantinya para penonton yang tiba di Bandara Lombok akan langsung ke hotel. Mereka hanya diperkenankan beraktivitas menuju Sirkuit Mandalika.

“Jadi orang yang datang itu tak ke mana-mana, datang dari bandara, masuk hotel, nonton MotoGP, balik lagi ke hotel, kemudian ke bandara,” ucap Suharyanto.

Denhgna demikian, diharapkan tidak ada interaksi dengan masyarakat yang lain.

Keluh kesah penonton World Superbike (WorldSBK) yang datang langsung ke Sirkuit MandalikaKompas.com/Donny Keluh kesah penonton World Superbike (WorldSBK) yang datang langsung ke Sirkuit Mandalika

“Dengan sistem bubble itu, orang-orang yang masuk sudah yakin bahwa mereka aman dari Covid-19,” katanya.

Menurut Suharyanto, penerapan sistem gelembung ini salah satunya untuk meningkatkan kepercayaan negara lain terhadap Indonesia bahwa Indonesia dalam kondisi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat bisa menyelenggarakan acara besar.

Baca juga: Penjualan Mobil Murah Sepanjang 2021, Sigra Terlaris

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan, skema travel bubble sudah sukses diterapkan sebelumnya, seperti saat penyelenggaraan Sherpa G20.

“Yang sekarang sedang dikembangkan adalah travel bubble. Skema ini diterapkan secara menyeluruh, yang ada pada periode karantina. Berlaku untuk kru, pebalap, dan ofisial MotoGP. Kami meyakini ini adalah skema yang tepat,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com