Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pahami, Ini Beda Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus | Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

Kompas.com - 15/01/2022, 06:32 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil dengan sistem transmisi otomatis umumnya memiliki dua model tuas untuk pengoperasiannya. Ada yang menggunakan jenis lurus (straight) dan zig-zag (gate).

Lantas, apa perbedaannya? Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, keduanya memiliki fungsi yang sama, namun yang membedakan hanya faktor keamanannya.

"Fungsinya sama, cuma bedanya dari faktor safety-nya saja. Sebenarnya sama aja semua inovasi saja," kata Didi kepada Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Kemudian, bersamaan dengan hari ketika Toyota Astra Motor meluncurkan Fortuner 2.800 cc dan Land Cruiser 300, Toyota Motor Corporation pada Kamis (13/1/2022), mengumumkan peluncuran Noah dan Voxy generasi terbaru di Jepang.

Dalam laman resmi Toyota, disebutkan bahwa Noah dan Voxy generasi keempat itu hadir dengan perubahan menyeluruh.

Mengusung platform TNGA (GA-C), Noah dan Voxy jadi MPV boxy yang mengusung beragam fitur canggih, termasuk Toyota Safety Sense dan Toyota Teammate.

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler kanal otomotif pada Jumat, 14 Januari 2022.

1. Pahami, Ini Beda Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik- Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Didi menjelaskan, untuk transmisi model lurus akan ada pengeman berupa tombol release di tuas transmisinya. Hal ini digunakan agar tidak kebablasan atau tergeser pada saat memindahkan gigi sehingga tidak merusak sistem transmisi.

"Kalau yang lurus itukan perlu ada mekanisme release pada tuasnya, sehingga pada saat masuk ke gigi R (tanpa menggunakan release) itu tidak bisa. Karena kalau kepaksa masuk kan bisa merusak tranmsisi juga," ucap Didi.

Ketika hendak memidahkan gigi, selain kaki wajib menginjak pedal rem juga harus disertai menekan tombol tersebut. Dengan demikian tuas transmisi baru bisa digeser, terutama dari posisi P ke D yang harus melewati R.

Baca juga: Pahami, Ini Beda Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

2. Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

Toyota Motor Corporation meluncurkan Noah dan Voxy model baruRESPONSE.jp Toyota Motor Corporation meluncurkan Noah dan Voxy model baru

Di samping itu, model-model terbaru itu juga memiliki mesin dengan performa yang luar biasa, seperti sistem hybrid paralel seri generasi baru. Sebagai informasi, produksi model baru Toyota ini akan dimulai pada akhir Januari 2022.

Di balik kap mesin, kedua mobil ini mengusung dapur pacu berkapasitas 2.000 cc Dynamic Force M20A-FKS dengan tenaga 170 PS atau setara 168 tk dan torsi 202 Nm.

Kemudian terdapat mesin hybrid 1.800 cc 2ZR-FXE bertenaga 98 PS atau setara 96 tk dan torsi 142 Nm, serta tambahan motor listrik dengan tenaga 95 PS atau setara 93 tk dan torsi 185 Nm.

Baca juga: Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com