Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tes Pra Musim MotoGP, Kapasitas Penonton Sirkuit Mandalika Ditambah

Kompas.com - 14/01/2022, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat siap menggelar event internasional MotoGP 2022 pada Maret mendatang. Bahkan sebelumnya sejak Februari, sirkuit ini sudah harus melaksanakan tes pra musim yang dilakukan para pebalap MotoGP.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, mengatakan, pihaknya telah siap melaksanakan tes pra musim MotoGP dan event MotoGP 2022.

Menurutnya, saat ini fokus ITDC adalah membenahi Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang menjadi syarat dan prasyarat homologasi menjelang MotoGP 2022.

Baca juga: Mulai Rp 36 Jutaan, Yamaha Segarkan Motor Sport Retro XSR 155

Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.

"Beberapa pekerjaan proyek yang saat ini tengah disiapkan ITDC, antara lain menambah kapasitas penonton sejumlah lebih dari 50 ribu kursi yang ditargetkan selesai pada Maret 2022 sebelum perhelatan MotoGP berlangsung," ujar Abdulbar, Jumat (14/1/2022).

Abdulbar juga mengatakan, kapasitas penonton ini lebih banyak dibandingkan WSBK 2021, guna mengantisipasi animo penonton yang tinggi terhadap event balap dunia ini.

Selain mengerjakan sejumlah pekerjaan proyek, Abdulbar juga mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah kebutuhan utilitas pendukung penyelenggaraan MotoGP.

Baca juga: Awal 2022, Kawasaki Rilis Versys-X 250 dengan Warna Baru

Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.Kompas.com/Alsadad Rudi Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.

Seperti penyediaan air bersih dengan volume 4.800 m3, suplai tenaga listrik untuk sirkuit sebesar 5,19 KVa, penguatan kapasitas ICT mencapai 1.000 Mbps pada hari balap.

Ia menambahkan, kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di KEK Mandalika mendorong perusahaan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, kunjungan tersebut juga menunjukkan besarnya dukungan kementerian dan lembaga dalam mempersiapkan event, baik dari sisi fasilitas fisik maupun organisasi.

"Hal ini sesuai arahan dari Bapak Presiden agar persiapan dapat dilakukan dengan baik sehingga event MotoGP dapat berjalan dengan sukses," kata Abdulbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com